Beranda Berita Utama LBH Hidayatullah Dampingi Pembebasan Remaja Masjid Jogokariyan Yogyakarta

LBH Hidayatullah Dampingi Pembebasan Remaja Masjid Jogokariyan Yogyakarta

0
BHARATANEWS.ID|YOGYAKARTA _ Senin (04 November 2019) kemarin, bertempat di Mapolda Metro Jaya, Tim Advokat dari LBH Hidayatullah Pusat,  yang terdiri dari Advokat DR. Dudung Amadung Abdullah, SH, Advokat Agus Gunawan, SH, Advokat Hidayatullah, SH dan Advokat Andri Sukatma, SH melakukan pendampingan Pembebasan Aktivis 21-22 Mei, yang menjadi korban salah tangkap, salah satunya adalah Muhammad Said Hasnan, Remaja Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Para Aktivis yang bebas kemarin adalah  5 (lima) orang dari 30 (tiga puluh) orang yang sebelumnya sudah menghirup udara bebas.
Pembebasan Hasnan kemarin, diwarnai dengan  proses yang dramatis. Hal ini diawali dengan perbedaan penghitungan tanggal mulai masa penahanan yang dilalui oleh Hasnan. Awalnya, Hasnan menajdi satu-satunya orang yang tertinggal dari lima orang yang akan bebas hari itu. Namun setelah dilihat berkas-berkas sebelumnya, ternyata fakta menunjukan bahwa Hasnan harus bebas pada hari senin (04 November 2019).
Jaksa Penuntut Umum Rianiully Raneta, S.Kom, SH, MH. dari Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat langsung memerintahkan Hasnan untuk segera berkemas. Mendengar hal tersebut, Hasnan langsung sujud syukur. Sementara kawan-kawanya yang lain langsung bertakbir.
Saat seluruh Aktivis yang didampingi Tim LBH Hidayatullah keluar dari Ruang Tahanan Narkoba Polda Metro Jaya, tempat selama 3 bulan 25 hari mereka menjalani masa hukuman, mereka disambut oleh keluarga, sahabat-sahabat mereka serta dari Komunitas Barisan Emak-Emak Milenial (BEM). Bahkan sebagian kawan-kawan aktivis yang sebelumnya sudah bebas turut hadir memberikan dukungan moril.
Muhammad Said Hasnan beserta kawan-kawan adalah peserta Aksi Damai pada 21-22 Mei diseputaran Sarinah Jakarta Pusat. Hasnan dan kawan -kawan mengaku bahwa mereka adalah korban salah tangkap, karena sejatinya mereka sudah mau pulang dan membubarkan diri dari arena aksi.
Akan tetapi, karena suasana memanas akibat ulah masa yang tiba-tiba datang melakukan provokasi dan pelemparan mereka terjebak tidak bisa menghindar. Hasnan sendiri mencari aman dengan berlindung diantara mobil crew media televisi yang melakukan peliputan.
Saat suasana semakin memanas dan dilakukan penangkapan terhadap pelaku kerusuhan, Hasnan yang berada diantara wartawan tidak bisa menunjukan kartu pers, sehingga dianggap pelaku kerusuhan yang menyusup ketengah-tengah wartawan. Secara kebetulan didepan hasnan ada orang yang diamankan, sehingga hasnan dianggap temannya.
Pada Kesempatan ini, DR. Dudung Amadung Abdullah, selaku Direktur LBH Hidayatullah mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk pada BEM (Barisan Emak-Emak Milenial)  yang selama ini mengawal perkara ini sampai dengan pembebasan para aktivis. Dudung juga berharap semoga para aktivis bisa berkiprah ditengah masyarakat dan memberi kontribusi bagi pembangunan bangsa.(LBHH)

Memberikan Komentar anda