Beranda Berita Perguruan Pencak Silat Padjadjaran Mendedikasikan Moral Kepada Genarasi Bangsa Di Hari Kesaktian...

Perguruan Pencak Silat Padjadjaran Mendedikasikan Moral Kepada Genarasi Bangsa Di Hari Kesaktian Pancasila

0

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Seni Pencak Silat adalah ciri dari Kebangsaan, dalam momentum Hari Kesaktian Pancasila, Perguruan Pencak Silat Padjadjaran kini secara tidak langsung mendeklarasikan diri sebagai Perguruan pemersatu bangsa, Dengan menggelar pagelaran Seni dan Budaya pencak silat bertemakan “KERAGAMAN BUDAYA” di Taman Kreasi, Sempur Kota Bogor, 1/10/2019, pagi hari.

Informasi yang dihimpun, tak kurang dari 2500 pe­serta setingkat SD dan SMP mengik­uti keterselengaraan acara. Mereka datang dari berbagai sekolah di kota Bogor untuk menyaksikan pagelaran acara tersebut.

Acara tersebut diwarnai dengan atraksi dari 7 Perguruan Pencak Silat di Kota Bogor diantaranya Perguruan Tadjimalela, Padjadjaran Cimande, Satria Muda Indonesia, Padjadjaran Indonesia, PGB Bangau Putih, Tapak Suci yang tergabung di IPSI kota Bogor, dan tak luput dari dukungan Pemerintah Kota Bogor yang diwakili oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan.

Kepala Disparbud Kota Bogor Shahlan Rasyidi sangat mengapresiasi akan terselengaranya acara pegelaran pencak silat.

” Dengan adanya acara ini, semoga anak-anak lebih tertarik kebudayaan pencak silat, karena salah satu warisan budaya, dan jangan sampai kebudayaan ini diakui lagi oleh negara lain, padahal pencak silat berasal dari Indonesia”tuturnya.

Disisi lain, Tokoh Pesilat Indonesia Sekaligus Satria Perguruan Pencak Silat Padjadjaran, Putra Sungkawa berharap, budaya pencak silat harus terus dijaga dan dilestarikan dengan baik.

”Dengan digelarnya keragaman budaya memilih dan memaknai hari Kesaktian Pancasila, adalah tak lain sebagai wujud upaya pemantapan tentang penanaman dasar dan idiologi Pancasila kepada generasi muda, selain daripada wujud pengembangan dan pemeliharaan kekayaan seni dan budaya pencak silat,” ungkapnya kepada Bharatanews.id.

Selanjutnya, Putra menyampaikan kepada generasi bahwa pencak silat itu patut menjadi acuan atau sarana pendidikan generasi muda supaya lebih memahami sebenarnya Pancasila, dengan kata dasar yang sama antara “PANCASILA dan PENCAK SILAT.”pungkasnya. (ry)

Memberikan Komentar anda