Beranda Berita Utama Bangun Simpul Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Muna Barat Go To School

Bangun Simpul Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Muna Barat Go To School

0

BHARATANEWS.ID|MUNA BARAT – Dalam rangka membangun simpul pengawasan partisipatif, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan program Bawaslu Go to School di SMA Negeri 1 Tiworo Kepulauan, Jumat (20/9/2019).

Ketua Bawaslu Muna Barat Ishak mengatakan, program Bawaslu Go to School ini tujuan utamanya adalah mengajak para pemilih pemula alias pemilih milenial sebagai pengawas partisipatif dalam perhelatan demokrasi.

Dalam program tersebut, pihaknya memberikan wawasan pada pemilih pemula tentang kelembagaan Bawaslu serta diberi pemahaman masalah peraturan pemilu. Dengan begitu, diharapkan dapat memahami posisi mereka sebagai pemilih pemula.

“Pemikiran dan sikap kritis mereka diharapkan dapat berpartisipasi untuk membantu Bawaslu dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi kedepan,” kata Ishak saat ditemui disela-sela kegiatan.

Selain itu, Ishak berharap agar pemilih pemula tidak hanya menjadi pengawas partisipatif. Namun, mereka juga diharapkan menolak dan tidak menerima adanya politik uang dan berani melaporkan bila terjadi kecurangan.

“Kita juga minta agar mereka membantu untuk meminimalisir politik kotor. Karena itu, disini kami juga memberikan wawasan cara melibatkan diri dalam pengawasan, serta menginformasikan terkait peraturan dan cara penanganan pelanggaran,” ungkapnya.

Terakhir Ishak menyebutkan, pemilih pemula yang terlibat dalam program ini sebanyak 75 orang pelajar SMA Negeri 1 Tiworo Kepulauan. Kedepan kegiatan seperti ini tidak hanya sebatas di tingkat pelajar, tetapi akan menyasar pemantau pemilu dan komunitas,

“Kita sengaja memilih lokasi di SMA Negeri 1 Tiworo Kepulauan karena setelah melakukan beberapa survei, sekolah inilah yang layak karena memiliki siswa yang heterogen dan berdomisili tersebar di seluruh wilayah Tiworo Raya,” tutupnya.

Ditempat yang sama, kepala sekolah SMA Neg 1 Tiworo Kepulauan, Kadir Masalesi mengaku merasa bangga dengan terselenggaranya kegiatan tersebut di sekolah yang dipimpinnya.

“Saya sangat berbangga, sekolah kami dijadikan tempat sosialisasi ini, saya berharap siswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga kedepan mereka bisa menjadi corong yang baik kepada masyarakat dalam berdemokrasi” pungkasnya. (Den)

Memberikan Komentar anda