Beranda Berita Utama Pembangunan Jalan Lingkungan Di Kampung Cigoang – Desa Ciburayut, Diduga Tidak Melibatkan...

Pembangunan Jalan Lingkungan Di Kampung Cigoang – Desa Ciburayut, Diduga Tidak Melibatkan Masyarakat Setempat

138
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|BOGOR – Pembangunan Jalan Lingkungan kampung Cigoang, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor di keluhkan oleh warga setempat. Pasalnya pembangunan yang menggunakan dana desa, diduga tidak melibatkan masyarakat setempat.

Menurut informasi, bahwa pembangunan jalan lingkungan di kerjakan oleh pihak ketiga. Dan terkait dana desa yang seharusnya di buka untuk umum, namun terkesan di tutupi oleh Pemerintahan Desa, dan pihak pemdes seharusnya memasang papan proyek. Agar tidak menimbulkan kecurigaan masyarakat kampung Cigoang desa Ciburayut.

Pasalnya, bahwa pembangunan jalan lingkungan tersebut, hanya dengan hitungan hari sudah rusak kembali.

UU 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan informasi Publik pasal 1 ayat 2 mengamanahkan Informasi publik adalah informasi yang di hasilkan, disimpan, di kelola, dikirim dan/atau di terima oleh suatu Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnya yang sesuai dengan Undang Undang ini serta informasi lainnya yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Dan selanjutnya ayat 3 menjelaskan Badan publik adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif dan badan lainnya yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruhnya bersumber dari APBN dan/atau APBD.

Saat Dikonfirmasi Candralena selaku Kepala Desa Ciburayut, sedang tidak berada di kantor Desa. Menurut keterangan salah satu staf Desa Ciburayut mengatakan bahwa Kepala Desa jarang ada di tempat.

Kemudian awak media menemui salah satu staf Desa yang berinisial KS untuk mengkonfirmasikan tentang anggaran pembangunan jalan lingkungan yang bersumber dari Dana Desa, bahwa KS mengatakan, tidak tahu dan semua itu kebijakan ada di Kepala Desa,Senin (09/09/2019).

Misbah selaku tokoh masyarakat kampung Cigoang saat di konfirmasi mengatakan,” warga tidak mengetahui tentang anggaran biaya pembangunan, di karenakan tidak ada sosialisasi terhadap warga,” katanya.

Misbah menceritakan kepada awak media bahwa jalan yang telah di bangun berawal dari jalan setapak dan warga lah yang menghibahkan tanahnya untuk di pergunakan sebagai jalan umum . Pada saat itu warga sepakat untuk di cor bukan di hotmix.

Masih menurut Misbah selaku warga kampung Cigoang, desa Ciburayut menyampaikan, merasa kecewa dengan pekerjaan yang di laksanakan oleh pihak ketiga, karena kualitas pekerjaannya tidak sesuai yang di harapkan oleh warga. Bahkan jalan tersebut yang di kerjakan, kini terlihat sudah rusak lagi.

Dan warga akan meminta kepada Kepala Desa Ciburayut Candralena, untuk transparan dalam penggunaan anggaran pembangunan jalan lingkungan tersebut.

Asep selaku ketua RT 03/03 warga Kampung Cigoang Desa Ciburayut saat di konfirmasi menyampaikan, tidak ada koordinasi atau komunikasi yang berkaitan dengan pembangunan jalan lingkungan ini. Kemudian saat Asep di tanya tentang jalan yang baru saja di bangun, dan sudah rusak kembali.

“warga berkeinginan pembangunan jalan bukan di hotmix melainkan di cor seperti yang sudah ada. Seharusnya Kepala Desa harus berkoordinasi dengan lingkungan setempat karena yang mengetahui adalah warga setempat dan memperbaiki kembali jalan yang sudah rusak karena baru beberapa hari di bangun sudah rusak,” papar asep. (bcr)