Beranda Berita Utama Sambut Idul Fitri 1440 Hijriyah, Warga Cidenok Gelar Takbir Kelling dan Pawai...

Sambut Idul Fitri 1440 Hijriyah, Warga Cidenok Gelar Takbir Kelling dan Pawai Obor

0

BHARATANEWS.ID|MAJALENGKA, โ€“ Warga Blok Senin Desa Cidenok Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka, mempunyai cara unik dalam menyambut malam Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah dengan takbir dan pawai obor, Selasa (4/6/2019) malam.

Pantauan media, sejak pukul 18.30 WIB sejumlah warga baik laki-laki maupun perempuan mulai dari anak usia dini sampai orang dewasa berdatangan sembari membawa obor dan lilin yang menyala di halaman mushola desa setempat.

Setelah itu mereka membentuk barisan dan berjalan bersama sama berkeliling kampung sambil bertakbiran dengan diiringi Drum band dan bedug.

Ketua Pelaksana takbir keliling dan pawai obor Indra Permana mengatakan, Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap malam lebaran yang dilakukan pemuda-pemudi Blok Senin desa Cidenok Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka, guna berpartisipasi dalam memeriahkan malam lebaran.

“Kurang lebih 150 obor diarak oleh orangtua, pemuda dan anak-anak,” katanya.

Menurutnya, pawai obor dan takbir keliling itu mempunyai filosofi yang sangat dalam, dimana api obor itu mempunyai makna cahaya yang akan menerangi setiap muslim yang telah melewati satu bulan penuh berpuasa menahan diri dari makan, minum, dan segala hawa nafsu yang dapat membatalkanya. Sedangkan pawai merupakan simbol eratnya silaturrahim dan kekeluargaan antara sesama umat muslim, umat manusia, umat sebangsa dan setanah air, yang disertai dengan mengucapakan kalimat toyibah.

” Jika Kerukunan antara umat beragama harus tercipta demi terciptanya masyarakat adil makmur. Maka kerukukan bertetangga, bersosial, dan sikap tenggang rasa harus tercipta demi terciptanya masyarakat yang kreatif dan inovatif. Jika dia sebagai masyarakat maka harus peduli terhadap sesama, jika dia seorang pejabat maka harus peduli pada masyarakatnya,” paparnya.

Dijelaskannya, Islam telah mempertemukan antara paham kapitalis dan sosialis dalam suatu konsep yang disebut zakat sebagai bentuk cerminan untuk berbagi terhadap sesama. Oleh karenanya rasa persaudaraan dalam islam sangat diperhatikan demi kemaslahatan bersama.

Hal senada dikatakan Ketua RT 01/01 Blok Senin Desa Cidenok, Rukiman kegiatan ini bertujuan untuk membangun giroh semangat kaum remaja desa Cidenok khusunya blok Senin, agar lebih meningkatkan kegiatan positif terutama dalam memaknai momen Idul Fitri.

Pihaknya berharap untuk tahun-tahun berikutnya kegiatan ini bisa kembali digelar dan lebih melibatkan seluruh warga blok Senin agar lebih meriah lagi dalam pelaksaan pawai obor berikutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pihaknya mengaku sangat Mengapresiasi Kegiatan Takbir keliling dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri.

” Ini kegiatan yang sangat positif untuk syiar Islam, semoga dengan terlaksananya kegiatan pawai obor dan takbir keliling ini dapat memberikan hal positif bagi tiap individu, warga setempat, ataupun pemerintahan setempat.” Harapnya.(Nano)

Memberikan Komentar anda