Beranda Berita Utama Hari Pertama UNBK di Kabupaten Muna Barat Berjalan Lancar

Hari Pertama UNBK di Kabupaten Muna Barat Berjalan Lancar

0

BHARATANEWS.ID|MUNA BARAT โ€“ Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) berjalan lancar.

Seperti yang terpantau di SMAN 1 Tiworo Kepulauan (Tikep), UNBK hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia berjalan lancar dan para siswa tak mengalami kesulitan yang berarti.

“Alhamdulilah lancar-lancar saja, hanya sedikit deg-degan tadi, ” kata salah seorang peserta UNBK siswa kelas XII IPA SMAN 1 Tikep Yul Fatul Umayah, Senin (1/4/2019).

Selain soal ujian yang bisa dilaluinya, kata Yul sapaan akrabnya, kesiapan teknis komputer, jaringan listrik dan internet pun tak ada masalah selama pelaksanaan ujian. Sehingga ujian hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia itu bisa dilalui dengan baik oleh Yul dan kawan kawannya.

“Semua fasilitas sudah disediakan sehingga kami hanya fokus untuk melaksanakan ujian,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Tikep, Kadir Masalesi mengatakan pelaksanaan UNBK berjalan lancar. Karena memang pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Termasuk persiapan jaringan listrik dan internet.

“Selama ini kami sudah melakukan beberapa kali simulasi, sehingga sangat dimungkinkan mereka bisa mengerjakan soal UNBK dengan baik. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak PLN agar selama pelaksanaan UNBK tidak ada pemadaman aliran listrik. Begitu juga dengan jaringan internet sudah kami persiapkan,” ujarnya.

Kadir melanjutkan, berdasarkan data yang ada, pada tahun ini peserta UNBK di SMAN 1 Tikep sebanyak 166 orang siswa kelas XII. Namun pada pelaksanaannya terdapat satu orang siswa yang tidak hadir.

“Yang tidak hadir hari ini dari jurusan IPS sebanyak 1 orang. Dari semester II yang lalu memang dia sudah tidak pernah ke sekolah,” terangnya.

Untuk UNBK, lanjut Kadir, sebanyak dua ruang kelas disiapkan dengan masing-masing kelas dilengkapi 28 unit komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

“Jadi total 56 unit komputer yang dipakai. Sekolah punya 19 unit saja sedangkan sisanya milik guru-guru dan siswa,” ungkap Kadir.

Untuk diketahui, hari pertama, Senin (1/4) ujian yang diselenggarakan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Selasa (2/4) Matematika,
Kamis (4/4) Bahasa Inggris dan Senin (8/4) mata pelajaran pilihan. (Den)

Memberikan Komentar anda