Beranda Berita Utama Sambut Panen Padi, Warga Desa Babajurang Jatitujuh Gelar Syukuran Dengan Wayang Kulit

Sambut Panen Padi, Warga Desa Babajurang Jatitujuh Gelar Syukuran Dengan Wayang Kulit

368
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|MAJALENGKA – Untuk melestarikan adat istiadat leluhur. Warga Desa Babajurang Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka menggelar syukuran panen raya dengan menampilkan tontonan seni tradisional wayang kulit sehari semalam di alun alun balai desa setempat, Sabtu, (30/3/2019).

Kepala Desa Babajurang Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka Darmin mengatakan, prosesi syukuran panen raya dengan cara menampilkan pagelaran wayang kulit merupakan tradisi yang dilakukan secara turun temurun.

“Acara ini termasuk adat dan tradisi masyarakat desa Babajurang, dilakukan secara
rutin setiap tahun, bisanya dilakukan menjelang panen padi pada musim tanam pertama,” paparnya kepada Bharatanews.id.

Menurutnya, tujuan utama tradisi syukuran panen raya adalah mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan nikmat.

” Semoga panen padi musim ini dan seterusnya, para petani mendapatkan hasil yang melimpah,” harapnya.

Selain itu diharapkan Darmin dengan diadakannya pagelaran wayang kulit, warga desa Babajurang dapat menjalin serta mempererat tali silaturahmi antar warga satu dengan warga lainnya yakni dengan cara nonton bareng di balai desa.

Selain dihadiri pemerintah desa, kegiatan tersebut dihadiri unsur Muspika Jatituhuh dan Tokoh Masyarakat serta segenap lapisan masyarakat desa setempat.

Di sela-sela kegiatan pengamanan hiburan wayang kulit Kapolsek Jatitujuh AKP Asep Supriadi didampingi Kanit Intel Aiptu Maryono dan Bhabinkamtibmas Bripka Warudin meyampaikan pesan-pesan Kamtibmas menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang.

” Mari kita bersama-sama mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres yang aman, damai dan sejuk,” ajak AKP Asep Supriadi. (Nano)