Beranda Advertorial Wabup Klungkung Kasta Tinjau Jebolnya Saluran Irigasi Subak Desa Akah

Wabup Klungkung Kasta Tinjau Jebolnya Saluran Irigasi Subak Desa Akah

0

BHARATANEWS.ID|KLUNGKUNG – Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta meninjau jebolnya saluran irigasi Subak Desa Akah Tempek Pekarangan yang bertempat di lingkungan Banjar Sangging, Desa Pakraman Akah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Rabu (27/3/2019). Dalam peninjauannya tersebut turut hadir Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida, Kepala Desa Akah I Nyoman Sujati serta warga masyarakat setempat.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyampaikan setelah melihat situasi dilapangan untuk kedapan pihaknya sudah langsung menugaskan dinas terkait untuk mengkaji agar saluran irigasi subak ini bisa cepat diperbaiki. โ€œSaya sudah tugaskan dinas terkait terlebih dahulu memasang pipa dam semoga tidak ada halangan agar air cepat bisa kembali mengalir,โ€ ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup Kasta meminta agar para anggota subak maupun warga masyarakat yang rumahnya dekat dengan jebolnya saluran irigasi tersebut bisa lebih berhati-hati melihat situasi mengingat dilokasi masih sangat rawan. โ€œPara anggota subak maupun warga yang berada dekat dengan lokasi jebolnya saluran irigasi ini agar tetap selalu berhati-hati,โ€ harapnya.

Sementara itu, Kelian Subak Desa Akah I Wayan Sukra mengatakan saluran irigasi ini jebol 9 September 2018 sekitar pukul 21.00 Wita. Saluran irigasi subak jebol sepanjang 40 meter. Selama 6 bulan pasca jebol subak tempek pekarangan ini sama sekali tidak berfungsi dan luas lahan terdampak seluas 12 haktare. โ€œSudah 6 bulan lahan subak ini tidak bisa mengairi lahan pertanian, semoga kedepan pemerintah bisa mengkaji lebih lanjut agar saluran irigasi subak ini bisa kembali beroperasi,โ€ harapnya. (red)

Memberikan Komentar anda