Beranda Bogor Para Tokoh Mendorong Penyematan TB. A. Basuni Sebagai Pahlawan

Para Tokoh Mendorong Penyematan TB. A. Basuni Sebagai Pahlawan

0

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Para seniman dan budayawan se-Bogor Raya sepakat untuk memperjuangkan almarhum (Alm) Tb A Basuni sebagai Pahlawan Nasional, termasuk sebagai Tokoh Seni dan Budayawan dari Bogor.

Pernyataan tersebut disampaikan para Seniman dan Budayawan saat memperingati Milad ke-31 Tb A Basuni yang digelar di balai pertemuan keluarga, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Minggu (26/2/2023).

Pasalnya, menurut para seniman dan budayawan, selain TB A Basuni semasa hidupnya ialah sebagai seorang tokoh Seni dan Budaya dari Kota Bogor, dirinya juga sempat mendapat penghargaan dari Jendral ( Purn) AH Nasution sebagai Panglima ABRI.

Makadari itu, para seniman dan budayawan menyatakan apresiasi atas perjuangan Tb A Basuni semasa hidupnya, baik sebagai ABRI (TNI) maupun sebagai tokoh seniman dan budayawan, dan Basuni juga sebagai Ketua Dalang.

Seorang tokoh budayawan yang juga Ketua Yayasan Hanjuang Bodas, RD Ade Sumanta, menerangkan bahwasannya nama Basuni itu memiliki Kodam III Siliwangi di Bandung. Sebagai anggota ABRI terakhir yang berpangkat Kapten dan menjaga keamanan seputar ring 1 Istana serta Kebun Raya Bogor.

Masih dalam keterangannya ia juga menyatakan atas jasa beliau lah membuat AH Nasution yang saat itu sebagai Panglima memberikan penghargaan, bahkan hingga hadiah tanah seluas 1,2 hektar lebih di bilangan Kampung Gudang ( Kelurahan Gudang ) sesuai persil No 16 dan 19.

“Berdasarkan penelusuran para seniman dan budayawan pendahulu termasuk yang para sepuh yang masih ada, ternyata nama Tb A Basuni itu dahulunya adalah seorang Dalang, bahkan pernah menjabat sebagai ketua persatuan dalang se-Bogor,” kata Ace.

Sementara itu, mantan Kadisparbud (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) Kota Bogor, Syahlan Rasidi juga mengomentari hal serupa. Menurutnya, nama Tb A Basuni sempat terdengar seorang seniman dan budayawan Bogor.

“Semasa menjabat jadi Kadisparbud dulu, saya sempat mengklarifikasi kepada para sesepuh dan inohong Bogor kala itu, dan ternyata banyak pihak yang mengakui keberadaan serta reputasi Tb. A. Basuni di dunia seni dan budaya di Bogor,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Tb Bayu disertai putera dan puteri alm Tb A Basuni mengapresiasi pernyataan sekaligus penghargaan para tokoh masyarakat, seniman dan budayawan yang hadir di acara tersebut.

“Kami hanya dapat mengapresiasi sekaligus berterima kasih atas pengakuan dan upaya yang akan dilakukan para tokoh masyarakat, seniman dan budayawan dalam memperjuangkan almarhum ayah kami Alm Tb A Basuni,” Pungkas Bayu.

Memberikan Komentar anda