Beranda Bogor Set Top Box Berdampak Pada Masyarakat Yang Kurang Mampu

Set Top Box Berdampak Pada Masyarakat Yang Kurang Mampu

0

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Sejak tanggal 02 November 2022 pemerintah Indonesia telah resmi memindahkan siaran tv analog ke tv digital.

Untuk dapat menikmati siaran tv digital masyarakat perlu memiliki set top box sebagai media alat penangkap sinyal agar siaran bisa ditonton di televisi.

Namun dibalik kebijakan tersebut masih banyak masyarakat yang belum mampu membeli set top box dikarenakan harga yang cukup mahal, Minggu, (11/12/2022).

Salah satu ibu rumah tangga di Tonjong Bogor, Retno membeberkan keluhan terkait keharusan membeli set top box jika ingin menonton siaran TV di rumahnya.

“Saya belum kebeli,gak ada uangnya karena kan harganya mahal makin kesini makin naik aja,jadi lebih menyusahkan ya karena kan harusnya uang untuk bisa keperluan yang lain,jadi harus beli set top box ” Bener Retno, (30/11/2022).

Masih dalam beberannya Retno juga menerangkan bahwa harga set top box rata” diperkirakan bisa mencapai Rp. 250.000,00 dan ia juga berharap pemerintah bisa menurunkan subsidi gratis terkait set box.

Di tempat berbeda seorang warga Cijujung Bogor, Ridwan mengatakan bahwasannya ia tidak punya uang untuk membeli set box dan jikapun ada mending buat beli beras.

“Belum kebeli pak,gak punya duit pak buat beli kaya gituan,denger denger si harganya Rp 300.000 mendingan buat beli beras,masih runyem Ampe sekarang tv nya ,niatnya mau dijual ajalah.” Pungkasnya.

Dari beberapa penuturan masyarakat terkait adanya peralihan siaran TV analog ke digital saat ini berdampak pada pengeluaran tambahan bagi masyarakat untuk membeli set top box jika ingin menikmati siaran tv di rumahnya masing-masing.

(Irpan/aal)

Memberikan Komentar anda