Beranda Nasional Eka Wardhana Dikukuh Sebagai Ketua Umum Federasi Olahraga Petanque Indonesia Kota Bogor

Eka Wardhana Dikukuh Sebagai Ketua Umum Federasi Olahraga Petanque Indonesia Kota Bogor

0

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Setelah usai memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) Ke-539, Kota Bogor kembali menyuguhkan Cabang Olahraga Internasional kepada masyarakat dengan diawali acara Pelantikan dan pengukuhan Federasi Olahraga Petanque Indonesia di Kota Hujan.

Eka Wardhana resmi ditetapkan menjadi pimpinan Pengurus Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kota Bogor Masa Bakti 2021-2025, seusai terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Kota (Muskot) FOPI Kota Bogor Tahun 2021, acara tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat DPRD Kota Bogor pada Sabtu (5/6/2021), Sore tadi.

H. Yusuf Wahyudin Ketua Umum FOPI Jawa Barat, yang turut hadir bersama Jajarannya menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua Umum FOPI Kota Bogor Terpilih.

” Saya yakin dengan kepimimpinan Pak Eka Wardhana akan sukses memajukan FOPI di Kota Bogor. Dan Semoga Insyallah Tahun 2026 Bogor menjadi tuan rumah Porda dalam cabang olahraga tersebut,” uacapnya.

Tak luput, H. Yusuf Meminta kepada seluruh pengurus FOPI Kota Bogor untuk memperhatikan metode yang lebih efektif kepada generasi muda agar lebih menarik lagi kepada minat kaula muda di Bogor.

“Selamat kepada Ketua Umum FOPI terpilih, silahkan berkreasi dan berkarya digunakan amanah ini untuk kita bisa membina petanque dengan baik. Dengan koordinasi dan sinergi satu sama lain juga untuk pembinaan prestasi,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Umum FOPI Kota Bogor Terpilih Masa Bakti 2021-2025, Eka Wardhana mengungkapkan, pihaknya akan berupaya melakukan yang terbaik guna memajukan FOPI Kota Bogor. Selain itu, dirinya juga memohon bantuan dan kerja sama dari semua pihak, termasuk jalin sinergi dengan kepengurusan baru nantinya. Serta, kesediaannya untuk mewakafkan waktu, pikiran, dan kemampuan masing-masing, guna berkomitmen mengembangkan olahraga petanque di Kota Hujan.

 

Lebih lanjut, Eka Wardhana menyampaikan dalam pembentukan kepengurusan baru FOPI Kota Bogor untuk mengantisipasi tidak ada unsur-unsur muatan politik dan tetap mengedepankan prestasi mendapatkan mendali. ” Di sini jangan bawa-bawa politik ke FOPI, yang akan kita bahas di FOPI adalah bagaimana caranya kita membawa emas sebanyak-banyaknya” Tegas Eka yang juga Wakil ketua III DPRD Kota Bogor.

Selanjutnya, dirinya menyampaikan bahwa FOPI Kota Bogor kedepannya akan dibuatkan empat buah lapangan oleh Pemerintah. “Alhamdulilah Pak Walikota ,Wakil Walikota termasuk Bu Sekda selalu mensupport kegiatan kami” Imbuhnya

Lebih mengenal, Cabang olahraga Petanque  awalnya merupakan permainan tradisional asal negara Prancis yang merupakan pengembangan dari permainan zaman Yunani Kuno sekira abad ke-6 SM, versi modern dari permainan petanque diperkenalkan oleh Jules Boule Lenoir pada tahun 1907 di kota La Ciotat, di Provence, di selatan Prancis.

Kata Petan berasal dari kata Les Ped Tanco atau Petanca berdasar dialek Provençal dari bahasa Occitan yang berarti kaki rapat, salah satu teknik dasar bermain petanque adalah kaki yang rapat tidak mengangkat kaki yang menapak ke tanah.

Agar bisa dikembangkan sebagai cabang olahraga prestasi permainan tradisional ini distandarkan dan dibuat aturan baku yang berlaku universal, dengan induk olahraga petanque internasional bernama Fédération Internationale de Pétanque et Jeu Provençal (FIPJP) yang didirikan di Marseille, Prancis pada tahun 1958.(Git/Ry)

Memberikan Komentar anda