Beranda Bogor PONPES DARUL ULUM : Laksanakan Kegiatan Pramuka di Tengah Pandemi

PONPES DARUL ULUM : Laksanakan Kegiatan Pramuka di Tengah Pandemi

627
0
BERBAGI

BHARATANEWS | BOGOR –  Disaat gencar Pemerintah memutus mata rantai penyebaran Corona  Virus Disease 2019 ( Covid 19 ) yang kunjung belum selesai . Upaya Pemerintah dalam hal ini memberlakukan Pembatasan Sosial  Berskala Besar (PSBB ), menghimbau untuk mencegah kegiatan yang berkerumun baik kegitan masyarakat maupun kegiatan pendidikan .

Melalui keputusan Bupati Bogor Nomor  443/14/Kpts?Per-UU/2021 tentang perpanjangan Kedelapan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pra Adaptasi Kebiasaan Baru menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif Melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Kabupaten Bogor

Sayangnya Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren moderen Darul Ulum yang berlokasi Kampung Muara Desa Ciburuy Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor tetap melaksanakan kegiatan di sekolahnya. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan Pramuka yang melibatkan ratusan santri yang berkerumun dan diduga mengabaikan protokol kesehatan.

Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut, Awak media mencoba mendatangi Pondok Pesanteren tersebut tetapi alangkah uniknya tidak ada satupun yang dapat memberi keterangan berkaitan dengan kegiatan Pramuka.

Tidak sampai disitu, Awak Media Bharatanews.id mencoba mengguhubungi perwakilan sekolah melalui pesan singkat kepada Wandi Humas Ponpes Darul Ulum untuk meminta keterangan yang berkaitan dengan kegiatan Pramuka yang melibatkan ratusan siswa.

Berikut dibawah percakapan melalui pesan singkat antara Awak media bharatanews.id Biro Bogor dengan Wandi:

Wandi : “ Saya sudah sampaikan kepada Zahir selaku Kepala Humas dan juga Ketua gugus Covid 19 Darul Ulum “

Awak Media :Bagaimana tanggapan Zahir?

Wandi :  menurut Zahir lapangan masih area Pondok. Dan juga anak anak yang masuk ke Pondok dan melakukan kegiatan sudah melakukan Rafid Tes sesuai dengan protokol kesehatan dan disitu juga tidak ada orang selain santri dan guru. Kalau masker nanti akan di ingatkan kembali agar memakai masker ketika kegiatan Pramuka.

Awak Media : Baik Pa kalau itu jawaban seperti itu berarti saya sudah dapat tanggapan dari pihak sekolah. Tapi yang saya tahu belum ada kegiatan sekolah yang diijinkan untuk tatap muka ?

Lebih lanjut, diakhir percakapan antara pihak sekolah dan awak Media, hingga berita ini ditayangkan, Wandi belum memberikan informasi lebih lanjut.

Mengingat Berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Untuk Pengedalian Penyebaran Corona  Virus Disease 2019 ( Covid 19 ) sudah mengisyaratkan melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring online, Intruksi tersebut  berlaku dari 11 Januari 2021 sampai 25 Januari 2021.

Disisi lain, Mendagri mengeluarkan Intruksi kembali Nomor 03 Tahun 2021 Tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Virus Disease 2019 (Covid 19) di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). tertuang dalam intruksi tersebut pada butir b menjelaskan perihal proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring/online.

Masih dihari yang sama, Awak media mencoba mendatangi Kantor Desa Ciburuy untuk mengkonfirmasikan berkaitan dengan terjadinya kegiatan yang menimbulkan kerumunan berlokasi Pondok Pesantren Darul Ulum.

Ong Cui yang akrab disapa, selaku staf Desa Ciburuy mengatakan bahwa kegiatan Pramuka yang di laksanakan oleh pihak Ponpes Darul Ulum tidak ada pemberitahuan ke Pemerintahan Desa,  jadi Pemerintah Desa tidak mengetahui kegiatan tersebut .

Saat di tanya oleh awak media apakah kegitan tersebut melanggar atau tidak, Ong cui menjawab kalau berkerumun dan melibatkan orang banyak serta mengabaikan protokol kesehatan itu melanggar. Tegas nya ( 11/02/21) BCR