Beranda Berita 170 Makam Direlokasi di Desa Kadu Agung, Terkena Imbas Proyek Tol Serpan

170 Makam Direlokasi di Desa Kadu Agung, Terkena Imbas Proyek Tol Serpan

0

BHARATANEWS.ID|LEBAK – Tempat pemakaman umum (TPU) di Desa Kaduagung Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, terdampak pembebasan lahan pembangunan jalan tol Serang-Panimbang. Akibatnya, 170 makam di TPU tersebut harus dipindahkan ke lahan yang sudah disiapkan.

Kepala Desa Kaduagung Tengah Budi mengatakan, ada sekitar 170 makam yang terpaksa harus direlokasi karena lahannya terdampak pembebasan pembangunan tol Serang-Panimbang. Lokasi tempat makam baru berada di Desa Mekaragung atau hanya berjarak sekitar 500 meter dari tempat pemakaman semula.

“Proses pemindahannya dengan membentuk panitia lokal dari kelompok masyarakat baik itu warga masyarakat Desa Kaduagung Tengah maupun warga Desa Mekaragung, pihak keluarga, tokoh agama, serta Muspika Kecamatan Cibadak,”kata Budi

Budi mengucapkan banyak-banyak terimakasih serta sangat mengapresiasi kepada warga dan panitia yang telah membantu dalam rangka relokasi pemindahan makam secara syariah, sehingga relokasi tersebut berjalan lancar dan kondusif.

“Alhamdulillah, ahli waris menerima dengan ikhlas, jika makam keluarganya dipindahkan dari TPU Cibodas ke TPU yang baru yang berada di Kampung Pasir Waru, Desa Mekaragung. Saya menekankan kepada panitia nadir untuk menata makam yang baru, serta dirawat bersama-sama,”imbuhnya

Sementara itu, ketua panitia relokasi makam H Rustam mengatakan, sebelum melakukan relokasi pihaknya telah mengadakan ritual keagamaan, diantaranya tawasulan, do’a bersama, yassinan untuk memohon keselamatan dan kelancaran.

“Kita laksanakan sesuai syariah islam, supaya pelaksanaannya bisa berjalan lancar,”ucapnya

H Rustam menjelaskan, jika target relokasi pemindahan makan tersebut kurang lebih dari 10 hari.

“Mudah-mudahan kalau cuaca bagus dan tidak hujan target relokasi pemindahan kuburan selesai dalam waktu 10 hari, totalnya menurut ahli waris yang kita cek dan data sebelum dilaksanakan ada sekitar 170 kuburan,”kata H Rustam. (Sandi)

Memberikan Komentar anda