Beranda Berita Utama Forum Lintas Ormas Resmi Terbentuk Disaksikan Muspika Caringin

Forum Lintas Ormas Resmi Terbentuk Disaksikan Muspika Caringin

0

BHARATANEWS.ID|BOGOR – Menyikapi permasalahan yang berkembang saat ini, yaitu bentrokan antar ormas. Polsek Caringin adakan pertemuan Organisasi Masyarakat, LSM serta organisasi kepemudaan lainnya. Dalam hal ini guna mengantisipasi terjadinya gesekan maupun bentrokan, baik antar Organisasi Masyarakat (Ormas), OKP maupun LSM, khusus wilayah Kecamatan Caringin.

Pertemuan yang dilaksanakan di aula kantor Polsek Caringin ini, dilakukan sebagai tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya. Dimana, Muspika melalui unsur Kepolisian Caringin mengundang para ketua Ormas yang ada di Caringin.

Tujuan dari pertemuan tersebut tidak lain agar dapat menyikapi beberapa kejadian terkait gesekan antar Ormas yang belum lama terjadi di wilayah Kabupaten Bogor.

“Dari kesepakatan pertemuan terdahulu serta masukan dari Ormas, meminta Muspika membentuk forum. Makanya hari ini, selain mengundang kembali semua ketua Ormas, juga kami data apa saja Ormas dan OKP yang ada di Caringin,” kata Kapolsek Caringin, AKP Dandan Gaos Kapolsek Caringin. Kamis (30/1/2020).

Selanjutnya dari hasil pertemuan kedua kalinya yang dihadiri oleh semua ketua Ormas telah terjadi kesepakatan bersama, maka pihak kepolisian langsung membentuk forum, yakni bernama Forum Komunikasi Lintas Omas dengan pembinanya antara lain Kapolsek, Danramil dan Camat.

Menurut Kapolsek Caringin menuturkan, Kedepannya forum ini sebagai sarana penyelesaian masalah atau permasalahan yang terjadi di lapangan yang melibatkan anggota ormas maupun LSM. Dan selalu mengedepankan musyawarah jika terjadi permasalahan permasalahan.

“Kami tidak ingin diwilayah hukum kami terjadi gesekan antar ormas. Mari sama-sama bertanggung jawab menjaga keamanan wilayah, demi kemajuan ekonomi masyarakat khususnya di Caringin ini,” ungkapnya.

Menurut catatan bahwa jumlah ormas yang berada di Kecamatan Caringin saat ini kurang lebih ada sekitar 20, di tambah dengan sejumlah OKP dan sebagian LSM.

Sementara, Ketua Forum Ciherang Bersatu (FCB), Ade Faisal sangat mendukung langkah Muspika untuk mempersatukan ormas yang berada diwilayah Caringin. Sehingga bisa menciptakan situasi kondusif di wilayah caringin.

“Dan mengapresiasi langkah yang diambil oleh Polsek Caringin untuk menyatukan ormas dan LSM agar tidak timbul antar sesama ormas dan menjaga hal hal yang bersifat negatif . Dengan adanya forum ini akan menjadi contoh untuk wilayah lainnya,” kata Ade Faisal selaku Ketua Forum Ciherang Bersatu. (Nurman)

Memberikan Komentar anda