Beranda Berita Utama Dihari Terakhir Jambore Gudep 2019, Dewan Penggalang Baru SMP Negeri 4 Sumberjaya...

Dihari Terakhir Jambore Gudep 2019, Dewan Penggalang Baru SMP Negeri 4 Sumberjaya Dikukuhkan

0

BHARATANEWS.ID|MAJALENGKA – Guna memenuhi sistem Gerakan Pramuka sesuai petunjuk pelaksanaan di Gugus Depan (Gudep) 26-069 dan 26-070 pangkalan SMP Negeri 4 Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Jajaran pengurus Dewan Penggalang (DP) dikukuhkan sekaligus diserah terimakan dari kepengurusan lama ke pengurus baru.

Kegiatan tersebut dilakukan tepat dihari terakhir kegiatan Jambore Gudep, Sabtu (28/9/2019) di Bumi Perkemahan Curug Leles Desa Padaherang Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka.

Sebelum dilantik para peserta dan calon DP mengikuti pendidikan dasar kepramukaan dan perkemahan Jambore Gudep selama 3 hari, di mulai Kamis (26/9/2019 sampai Sabtu (28/9/2019).

” Kegiatan ini untuk mengembangkan kemandirian dan aspek sosial serta kepribadian yang berkarakter, sebagai contoh tolong menolong sesama anggota sesuai dengan Tri Satya, menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri untuk membangun masyarakat,” ujar Asikin Hidayat Kepala SMP Negeri 4 Sumberjaya saat dikonfirmasi media.

Dijelaskannya, Pramuka merupakan pendidikan yang nyata untuk membuktikan sekaligus menerapkan teori-teori yang telah dipelajari baik ilmu pengetahuan maupun budi pekerti.

Ditambahkanya, Pramuka adalah organisasi yang melaksanakan pendidikan bersifat formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

” Gerakan Pramuka sebagai wadah pengembangan ilmu, keterampilan sikap dan moralitas generasi muda yang dapat mendorong lahirnya generasi penerus bangsa yang kritis, kreatif, peduli, produktif dan bermoral, yang berlandaskan pada ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa. Sehingga mampu membangun dan mengangkat bangsa dari keterpurukan,” paparnya.

Ditegaskannya, Gudep Pangkalan SMP Negeri 4 Sumberjaya ingin mengambil bagian untuk menjawab tantangan tersebut dan ikut serta dalam usaha untuk mewujudkan generasi muda yang kreatif dan peduli pada lingkungan dan khususnya menjadi pramuka sejati.

Selain itu kurangnya intensitas kegiatan atau pertemuan yang melibatkan seluruh anggota pramuka di setiap golongan khususnya pramuka golongan penggalang sehingga menyebabkan fungsi-fungsi dan tujuan gerakan pramuka kurang tercapai.

” Oleh karena itu perlu diadakan suatu kegiatan yang memotivasi daya kreatifitas dan keaktifan Gudep pramuka penggalang dalam bentuk pekemahan yang kegiatannya meliputi lomba dan pendidikan atau penyuluhan, ” jelasnya.

Salah satunya menurut Asikin, usaha pencapaian hal tersebut dapat dilakukan melalui penyelenggaraan kegiatan yang menarik, bermutu dan mengandung pendidikan sesuai dengan perkembangan peserta didik, seperti halnya kegiatan Perkemahan Penggalang atau biasa disebut Jambore Gudep.

Dalam amanatnya, Asikin memberi selamat kepada pengurus baru dan meminta pengurus lama untuk tetap aktif di Pramuka serta tetap membimbing adik-adiknya.

โ€œSelamat bertugas untuk pengurus baru dan untuk pengurus lama tetap aktif dan bimbing terus adik kelasnya, โ€ harapnya.

Pantauan media, Upacara Pengukuhan dipimpin langsung oleh Asikin Hidayat selaku mabigus pangkalan Gudep setempat.
Sebelum dilantik calon pengurus DP mengucapkan janji Tri Satya dengan tangan kanan memegang bendera merah putih, ditempelkan ke dada dan pengurus lainnya menempelkan tangan kanannya kepundak temannya pada saat pengucapan Tri Satya.

Dan di akhiri dengan penanda tanganan Ikrar Kesanggupan oleh Pratama Putra dan Pratama Putri dan secara simbolis baret dan rompi pramuka dipakaikan dari pengurus lama ke pengurus baru.(Nano)

Memberikan Komentar anda