Beranda Berita Utama Hari Tenang, Alat Peraga Kampanye Masih Bertebaran di Muna Barat

Hari Tenang, Alat Peraga Kampanye Masih Bertebaran di Muna Barat

0

BHARATANEWS.ID|MUNA BARAT โ€“ Hari pertama masa tenang menjelang pelaksanaan pemungutan suara pemilihan umum 2019, Minggu (14/4/2019), masih banyak alat peraga kampanye (APK) yang bertebaran di sejumlah lokasi di Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra). Padahal, memasuki masa tenang ini APK harus diturunkan.

Baliho berukuran besar dan kecil, banyak ditemui di jalan protokol kecamatan hingga ke beberapa pelosok desa dan kampung. Tidak terlihat tim dari para pasangan calon membersihkan atribut-atribut kampanye itu.

Berdasarkan pantauan bharatanews.id, di sepanjang jalan protokol Desa Mekar Jaya menuju Desa Wanseriwu sampai Desa Tondasi, ada puluhan APK seperti spanduk, baliho dan poster masih terpasang rapi.

Tidak hanya itu, baliho berukuran besar salah satu calon presiden juga masih berdiri tegak di pinggir jalan dan di depan rumah-rumah penduduk.

“Itu sudah lama dipasang. Belum ada yang turunkan, saya juga tidak tahu kapan akan diturunkan,” kata Arman (23), warga Desa Tondasi saat ditemui di lokasi, Minggu (14/4/2019) pagi.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Mubar, Ishak mengatakan, pihaknya sudah memberi peringatan kepada peserta pemilu agar segera dilakukan pembersihan.

“Iya hari ini 14 April sudah masuk masa tenang sampai 16 April. Kemarin kami sudah melayangkan surat ke peserta pemilu sebagai pemilik APK dan BK (bahan kampanye) untuk menurunkan,” ujar Ishak melalui pesan tertulisnya, Minggu (14/4/2019).

Lanjut Ishak, jika peserta pemilu tersebut tidak mengindahkan himbauan dari Bawaslu, maka pihaknya bersama Satpol PP yang akan menurunkan.

“Dan jika peserta pemilu masih memasang walaupun sudah diturunkan oleh satpol PP dan Bawaslu maka Bawaslu akan nenindak dengan dasar melaksanakan kampanye diluar jadwal kampanye,” tegasnya. (Den)

Memberikan Komentar anda