Beranda Berita Utama Dinkes Muna Barat Lakukan Fogging di Daerah Rawan DBD

Dinkes Muna Barat Lakukan Fogging di Daerah Rawan DBD

168
1
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|MUNA BARAT – Terus mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melakukan pengasapan atau fogging disejumlah wilayah endemik demam berdarah. Hal itu dilakukan untuk menekan tingkat jumlah penderita, sekaligus juga memberantas sarang nyamuk.

Dinas Kesehatan Kabupaten Mubar menyebar sejumlah petugas untuk membasmi sarang nyamuk, menyusul terus bertambahnya pasien penderita demam berdarah di wilayah Kabupaten Mubar selama  awal tahun 2019.

Pemberantasan sarang nyamuk dilakukan dengan sistem pengasapan atau fogging di wilayah-wilayah, yang dinyatakan endemik demam berdarah. Upaya penanggulangan ini salah satunya berlangsung di Desa Suka Damai Kecamatan Tiworo Tengah pada Kamis (14/3/2019) siang tadi.

Hidayat, kepala Dinas Kesehatan Mubar mengatakan, petugas dengan peralatan lengkap, menyisir rumah-rumah warga untuk melakukan pengasapan.

Tak hanya didalam rumah, pengasapan dengan tujuan membasmi sarang nyamuk penyebab penyakit demam berdarah ini juga dilakukan dilingkungan rumah, diantaranya seperti pekarangan, saluran air serta kandang milik warga setempat.

Menurut Hidayat, Pengasapan atau fogging merupakan alternatif terakhir dalam membasmi nyamuk Aedes aegypti. Karena itu, pihaknya melakukan fogging diwilayah yang telah ditemukan penyakit ini.

Hidayat menyebutkan, dalam dua hari terakhir ini Dinkes Mubar telah melakukan pengasapan di tiga Desa dan satu Kelurahan.

“Kami sudah lakukan di Desa Lombujaya, Desa Wapae dan Desa Mekar Jaya serta di Kelurahan Konawe,” ungkapnya. (Den)