Beranda Berita Utama Bupati Berau Apresiasi Program Pembangunan Di Biduk – Biduk Semakin Maju

Bupati Berau Apresiasi Program Pembangunan Di Biduk – Biduk Semakin Maju

290
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|BERAU – Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir kucuran alokasi dana kampung (ADK) ke kampung yang ada di kecamatan Biduk Biduk mencapi kurang lebih Rp 51 miliar. Hasilnya terbangun banyak infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kampung kampung di kecamatan terjauh ini pun semakin maju.

Hal itu diungkapkan Camat Biduk Biduk, Syafrie pada Musrenbang yang dihadiri Bupati Berau, Muharram dan Wakil Bupati, Agus Tantomo, serta Ketua DPRD, Syarifatul Syadiah dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD).

Lebih lanjut Syafrie dalam laporannya menyampaikan dari ADK maupun dana desa ke Biduk Biduk telah terbangun jalan kampung sepanjang kurang lebih 22 kilometer. Serta semenisasi gang, drainase hingga pemecah ombak.

Kampung Teluk Sumbang salah satu kampung terjauh di pesisir selatan disampaikannya sudah tidak lagi terisolasi karena akses jalan telah tembus dan nyaman dilintasi, listrik terlayani 24 jam dan air minum mengalir lancar ke rumah warga.

“Alhamdulillah Kampung Teluk Sumbang dan kampung lainnya di Biduk Biduk semakin maju,” ungkapnya.

Dalam Musrenbang tahun ini enam kampung di Kecamatan Biduk Biduk dilaporkan Syafrie menyampaikan usulan sebanyak 223 mulai dari fisik, ekonomi dan sosial budaya. Beberapa usulan menjadi skala prioritaa yang langsung dipaparkan masing masing kepala kampung.

Bupati Berau, Muharram mengapresiasi program pembangunan yang dilaksanakan kampung di kecamatan Biduk Biduk, termasuk dengan pendampingan yang diberikan perangkat kecamatan maupun OPD terkait.

Sehingga pembangunannya semakin pesat dan diharapkan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Alhamdulillah Biduk Biduk kini semakin maju kita akan terus membangun dengan skala prioritas,” ungkapnya.

Melalui Musrenbang menghimpun dan membahas bersama usulan dari pemerintah kampung disampaikan Muharram menjadi perhatian serius untuk ditindaklanjuti dengan penetapan skala prioritas. Beberapa prioritas dalam percepatan pembangunan kampung ditegaskan Muharram selain lanjutan peningkatan jalan poros kampung, juga pemenuhan sarana air bersih yang ditargetkan tuntas dalam beberapa tahun kedepan diseluruh kampung di Kabupaten Berau.

Selain itu juga pemenuhan sarana pendidikan dan kesehatan yang menjadi infrastruktur dasar masyarakat.

“Kita harus menetapkan skala prioritas dalam usulan program dan kegiatan, terutama yang disampaikan langsung kepala kampung untuk menjadi perhatian serius OPD,” tandasnya.

Biduk Biduk sebagai salah satu destinasi wisata di pesisir selatan kini semakin banyak mendapat kunjungan wisatawan. Bupati Muharram mengajak Masyarakat Biduk Biduk untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan kampung. Sehingga tidak Hanya memberikan kenyamanan bagi masyarakatnya, namun juga memberikan kesan dan kenangan terbaik kepada wisatawan yang datang. (**)