Beranda Berita Utama Di Majalengka, E-KTP Palsu Ketahuan Saat Registrasi BPJS

Di Majalengka, E-KTP Palsu Ketahuan Saat Registrasi BPJS

210
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|MAJALENGKA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Majalengka, menemukan E-KTP palsu. Petugas Disdukcapil pun langsung mengamankan E-KTP palsu itu dan melakukan pengecekan kebenaran data pada server kependudukan.

“Penemuan ini hasil dari pengaduan seorang warga. Berdasarkan hasil pengecekan pada server kami, data pada E-KTP itu tidak bisa digunakan karena datanya tidak valid,” ungkap Kepala Disdukcapil H Tatang Rahmat, Kamis, (28/2/2019)

Diakuinya, petugas Disdukcapil langsung memeriksa E-KTP yang diduga palsu. Pemeriksaan sendiri dilakukan melalui pengecekan dengan cara.membuka data pada KTP elektronik tersebut dengan menggunakan alat yang disebut Smart Card Reader.

” Diharapkan masyarakat memberikan informasi terkait keberadaan E-KTP palsu yang lainnya,” paparnya.

Sementara Kepala Seksi Siak Disdukcapil Abu Sholeh Mulyana menyebutkan, ada tiga perbedaan antara E KTP asli dan yang palsu. Diantaranya, warna blanko yang palsu pudar dan berwarna biru kekuning-kuningan, selain itu foto di E-KTP itu terlihat ngeblur atau tidak jelas.

Menurutnya, penemuan E KTP palsu berawal dari pengaduan salah seorang warga. Pasalnya E-KTP miliknya tidak bisa digunakan untuk pendaftaran BPJS. Diduga proses pembuatan E-KTP tersebut melalui pihak pemalsu E-KTP, tidak melalui Disdukcapil,” jelasnya.

Pihaknya mengaku akan terus berupaya mengungkap pemalsuan E-KTP tersebut. Karena menurutnya kemungkinan E-KTP palsu masih beredar di masyarakat.

“Kami terus berkoordinasi dengan pimpinan mengatasi temuan E-KTP palsu ini,” pungkasnya. (Nano)