Wahyu Triyono : ” Pers Dalam Berdemokrasi “

1116
0
SHARE

BHARATANEWS.ID|DEPOK – Wahyu Triyono KS dosen Universitas Nasional Jakarta dengan materinya Pers dan Pemilu Demokratis, menandai edisi perdana acara Ngopi Bareng Sekber, di kantor Sekber Wartawan kota Depok, GDC, Jumat (14/12/2018)

Menanggapi tema besar “Pemilu yang Bersih, damai dan Bermartabat tanpa Ekses” dengan sub-tema “pers dalam berdemokrasi”, Wahyu yang juga Direktur Kebijakan Publik HKM Institute dan Assistance Campaign Manager pada McLEADER Campaign Consultant menyebut tema ini sudah semestinya semacam kebutuhan dan harapan.

“Betapa sesungguhnya pemilu yang sedemikian itu tidak ada, atau jauh panggang dari api, jauh dari realita” sebut Wahyu memulai paparan materinya.

Lebih lanjut, Penulis Buku 9 Alasan Memilih SBY (2004) dan Prabowo Subianto Sang Pemimpin Sejati (2014) ini pun memaparkan soal demokrasi dan indepensi pers dalam pesta lima tahunan pemilu.

Dia melanjutkan, pentingnya menjaga tingkat Independensi jurnalis pers di tengah menghadapi Pemilu demokrasi yang dihadapi saat ini, arus turbulensi media digital baik streaming maupun media sosial yang berbeda substansi dari faktor kecerdasan berpolitik dan kesejahteraan.

“Pers Indonesia baik mainstream, elektronik dan media sosial, saat ini sedang mengalami turbulensi, yang kadang-kadang kita tidak bisa menentukan tingkat akurasinya apakah hoax atau tidak. Ada dua faktor pilihan berbeda, Independent atau netral. Independent berarti cerdas dalam memilih, sedangkan netral tidak berbuat atau tidak ada yang dikerjakan, namun yang terpenting bagi pers sebagai pilar ke empat bernegara adalah bagaimana independensi jurnalis dan wartawan masih dapat terjaga dan terpelihara dari kekuasaan” ungkap Wahyu dalam pemaparan materi diskusi.

Di akhir tanya jawab diskusi, Wahyu membagikan buku karya tulisannya berjudul Satrio Piningit Di Negeri Tuyul kepada seluruh peserta yang hadir, dan secara simbolis buku diterima oleh wartawan pada sesi tanya jawab.

Sementara itu, Putra Gara, anggota Presidium Sekber sekaligus budayawan dan penulis novel-novel sejarah juga memberikan garapannya ‘Nusantara Ras Segala Bangsa’ kepada Wahyu Triyono selaku nara sumber.

Pada Agenda selanjutnya, tanggal 28 Desember 2018, Ngopi (ngobrol pintar dan inspiratif) bareng Sekber Wartawan Kota Depok tetap mengangkat tema besar “pemilu yang damai, bersih bermartabat tanpa ekses” kali nanti dengan sub tema “Pers Depok tanpa HOAX” dengan narasumber Ketua KPUD Kota Depok Nana Shobarna. (Rky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here