Rumah Cimanggis di Kota Depok : dirobohkan atau di “museum” kan ?

4989
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | Depok – Bangunan kuno di kompleks pemancar Radio Republik Indonesia Sukmajaya, Cimanggis, Depok, Jawa Barat masih “terbujur kaku”. Bangunan yang belakangan dikenal sebagai Rumah Cimanggis itu sempat terancam dirobohkan karena pemerintah pusat akan memakai lahan tersebut untuk pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang digadang – gadang menjadi salah satu pusat peradaban Islam di dunia.

Dengan diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Nomor 593/289/Kpts/Disporyata/Huk/2018 pada 24 September 2018 tentang Penetapan Bangunan Cagar Budaya Gedung Tinggi Rumah Cimanggis, telah mempertegas perlindungan terhadap keberadaan bangunan yang diyakini mulai dibangun pada rentang tahun 1771 dan 1775 ini.

Ketua Depok Heritage Community Ratu Farah Diba mengaku usai mengetahui kabar itu dari Biro Hukum Pemerintah Kota Depok, mengusulkan agar Rumah Cimanggis peninggalan Gubernur Jenderal VOC Petrus Albertus van der Parra dijadikan museum sejarah Depok.

“Rumah Cimanggis dianggap memiliki struktur bangunan artistik dan lahan cukup luas untuk menyimpan benda-benda bersejarah kota Depok.” Ucapnya

Pada kesempatan berbeda, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna selalu berusaha turut memperjuangkan situs sejarah kebanggaan Kota Depok ini.

“Selalu saya sampaikan untuk menyelamatkan bangunan bersejarah Rumah Cimanggis di lahan yang akan dibangun UIII itu. Tanggapan pemerintah pusat, Pemprov Jabar serta panitia pembangunan, adalah mendukung usulan bahkan bukan sekedar menyelamatkan bangunan, tapi juga berpeluang untuk merawat bangunan dan melestarikannya menjadi lebih baik,” ujar Pradi.

Potensi Rumah Cimanggis dijadikan museum pertama di Kota Depok telah cukup membuat banyak warga Kota Depok bersuka cita dan mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Depok, terlepas dari kondisi Rumah Cimanggis yang saat ini masih memprihatinkan dan belum terpasangnya “plang pengumuman” mengenai status bangunan tersebut sebagai cagar budaya agar masyarakat dapat mengetahui Rumah Cimanggis dilindungi Undang – Undang. (RKY)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here