Polres Mappi Razia Miras Untuk Antisipasi Kriminalitas Di Perayaan Malam Tahun Baru

1487
0
SHARE

BHARATANEWS.ID|MAPPI – Sejumlah lokasi pembuatan minuman keras (Miras) menjadi sasaran Anggota Polres Mappi untuk melakukan razia menjelang perayaan Tahun Baru 2019 di Kabupaten Mappi. Razia tersebut dilakukan untuk antisipasi peredaran miras yang biasanya digunakan oleh oknum untuk menggelar pesta miras pada malam pergantian tahun. Senin (31/12/18)

Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan S.I.K,M.I.K, mengatakan,” Saat melakukan razia, pihaknya menyasar ke rumah atau lokasi yang diduga meracik, menampung hingga menjual miras dan razia tersebut dilakukan secara serentak sejajaran Polres Mappi. Sejak pertama kali Operasi Lilin 2018, kami sudah melakukan razia miras ke sejumlah lokasi untuk antisipasi adanya pesta miras saat malam tahun baru,” katanya.

Menurut Kapolres,” Razia miras tersebut memang harus dilakukan karena dengan miras bisa menimbulkan aksi tindak pidana atau kriminalitas, terlebih saat perayaan malam tahun baru yang digelar pada malam hari. Seluruh personil Polres serta Jajaran sudah menyasar ke beberapa wilayah dan ke sejumlah titik. Kegiatan tersebut untuk melakukan razia, dan tindakan responsif. Serta antisipatif pihak kepolisian di berbagai Wilayah Kabupaten Mappi sangat intensif merazia miras menjelang malam pergantian tahun ini.”

Lanjut Polres Mappi menambahkan,” Razia tersebut dilakukan guna mencegah adanya peredaran miras dan maraknya pesta miras. Memang harus kita lakukan lebih ekstra, mengingat masyarakat mappi begitu mudahnya memproduksi, mendistribusi, membeli, dan mengkonsumsi miras,” tambahnya.

Karena beberapa masyarakat yang menjadikan pesta miras sebagai ‘ritual wajib’ untuk merayakan malam pergantian tahun. Akibat pesta miras ini adalah terjadi berbagai gangguan kamtibmas mulai dari bentrokan, tawuran, kejahatan di jalan raya, kecelakaan, hingga tindakan kriminal lainnya.

Menurut Kapolres, ” Biasanya gangguan kamtibmas terjadi dini hari dan menjelang pagi. Mereka yang selesai pesta minuman keras (miras) biasanya turun ke jalan dan di bawah pengaruh alkohol, sedikit saja terjadi gesekan, potensi tawuran dan tindakan kriminal lainnya ini sangat merugikan diri sendiri bahkan orang lain,” ucap AKBP Agung Kapolres Mappi. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here