Personil Militer Lanud Soewondo Melakukan Kegiatan Latihan Pertahanan Pangkalan

1036
0
SHARE

BHARATANEWS.ID|MEDAN – Seluruh pesonel Militer Lanud Soewondo mengikuti kegiatan latihan Pertahanan Pangkalan yang dibuka langsung oleh Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey yang ditandai dengan penyematan pita latihan kepada peserta latihan dan juga kepada pelatih dari personel Yonko 469 Paskhas bertempat di apron Charlie Lanud Soewondo. Selasa (4/12).

Pada saat pembukaan latihan, Danlanud menyampaikan bahwa tugas pokok dari Pangkalan Udara adalah membantu dan mendukung jalannya operasi udara, juga berkewajiban memelihara dan mengamankan Pangkalan Udara dari gangguan, ancaman maupun serangan musuh dari dalam maupun luar dengan memberdayakan kekuatan yang dimiliki. Latihan Pertahanan Pangkalan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan personel Lanud Soewondo pada situasi yang genting dalam perebutan dan pertahanan pangkalan. Selain itu, juga untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapan personel dalam menghadapi tindakan-tindakan anarkis yang mengancam keamanan Lanud Soewondo dan disekitarnya. Sekaligus juga untuk mengetahui sejauh mana kemampuan personel Lanud Soewondo dapat menguasai dan melaksanakan latihan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Danlanud juga menyampaikan agar pada pelaksanaan latihan Hanlan, hendaknya dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sehingga peserta latihan dapat mengambil manfaatnya serta memperhatikan apa yang diberikan oleh pelatih, dengan begitu, kita akan dapat mencapai hasil yang maksimal, karena pepatah mengatakan, lebih baik mandi keringat dalam latihan dari pada mandi darah dalam pertempuran. Salah satu indikator keberhasilan dalam tugas yaitu terhindar dari accident maupun incident, untuk itu saya tekankan kepada seluruh peserta latihan untuk selalu waspada dan mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan, sehingga pelaksanaan latihan ini tidak menemui hal-hal yang tidak diinginkan, tegas Danlanud.

“Informasi dari Intelijen bahwa Lanud Soewondo akan disusupi dan diserang serta diduduki oleh musuh, karena Lanud Soewondo berfungsi sebagai Pangkalan Udara Operasional sebagai tempat pelaksanaan Operasi Udara. Setelah mendapat informasi tersebut, Danlanud Soewondo memerintahkan jajaran untuk siaga dan memerintahkan pasukan Hanlan untuk patroli. Pada saat patroli pasukan Hanlan dihadang oleh musuh berjumlah satu regu bersenjatakan campuran. Terjadi baku tembak antara Pasukan Hanlan dengan pasukan musuh. Berkat kesigapan sebagai pasukan yang terlatih, akhirnya dalam waktu yang singkat pasukan musuh dapat dilumpuhkan serta persenjataannya dapat disita”. Demikian skenario singkat latihan Pertahanan Pangkalan di Lanud Soewondo. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here