Menko PMK Puan Maharani Arahkan Percepatan Pembangunan Dan Perbaikan Rumah Pasca Gempa Bumi NTB

1626
0
SHARE

BHARATANEWS.ID|JAKARTA – Menko PMK Puan Maharani mengarahkan langkah percepatan pembangunan/ perbaikan rumah pasca bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam Rakor Tingkat Menteri (RTM) Percepatan Penanganan Pemulihan Pasca Bencana Gempa Bumi NTB yang diselenggarakan di Ruang Rapat Utama Kemenko PMK Jakarta, Menko Puan juga mengarahkan percepatan hal lainnya.

Arahan langkah percepatan pembangunan/ perbaikan rumah pasca bencana gempa bumi di NTB bukan tanpa alasan. Hingga kini progres pembangunan/ perbaikan rumah berjalan lambat, meskipun prosedur pencairan sudah disederhanakan dari 17 formulir menjadi hanya 1 formulir. Sementara, target penyelesaian rumah sendiri hingga Maret 2019.

Hal lain yang tak kalah pentingnya, progres pembangunan fasum/ fasos sementara juga perlu dipercepat mengingat target penyelesaian hingga akhir Desember 2018. Adapun pelaksanaan pemulihan juga harus dibarengi dengan akuntabilitas dan tata kelola keuangan pemerintah yang benar.

Terkait dengan itu pula, Menko Puan mengarahkan langkah percepatan pembangunan/ perbaikan rumah dengan mendorong percepatan pembentukan pokmas, peningkatan kapasitas produksi aplikator, mendorong peran pengusaha lokal, mempercepat rekrutmen tambahan fasilitator, percepatan pencairan tahap 2 dan 3, mendorong ketersediaan material dan tukang.

Menko Puan juga mengarahkan langkah untuk percepatan pembangunan fasum/fasos sementara dan perlunya pencairan pembayaran pekerjaan yang telah selesai. Termasuk untuk mempercepat revisi PP dan mendorong pemda untuk mengeluarkan juknis sebagai turunan juklak BNPB. “Kita harus gotong royong agar persoalan tersebut cepat selesai,” ujar Menko Puan.

Hadir dalam RTM Percepatan Penanganan Pemulihan Pasca Bencana Gempa Bumi NTB, Mendikbud Muhadjir Efendy, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Bupati Lomb