Suhu Terasa Lebih Dingin? Hari Ini Bumi Akan Berada di Titik Aphelion

128
0

BHARATANEWS.ID | UNIK – Sudah dari tanggal 5 Juli malam, suhu Bumi terasa sedikit berbeda dari biasanya. Yap, pasti yang berada di Indonesia merasa lebih dingin mulai dari kemarin malam hingga saat ini.

Hal tersebut dikarenakan Planet Bumi sedang mendekati titik Aphelion. Tepatnya Aphelion akan terjadi pada 6 Juli 2018 pukul 23.48 WIB.

Aphelion adalah sebuah istilah dalam bidang astronomi yang berarti jarak terjauh yang dicapai oleh Planet Bumi dalam orbitnya mengelilingi Matahari.

Sedangkan kebalikannya adalah perihelion, yaitu jarak terdekat Bumi dengan Matahari.

Perlu diingat, peristiwa aphelion ini tidak berbahaya bagi kehidupan di Bumi.

Jadi, tidak perlu khawatir. Ini hanyalah salah satu peristiwa langit yang rutin terjadi.

Orbit Bumi itu tidak bulat sempurna, tapi berbentuk elips. Maka dari itu, ada saatnya Bumi berada di titik terjauhnya dan juga di titik terdekatnya dengan Matahari.

Karena puncaknya terjadi saat malam hari, maka kita yang berada di Indonesia dan sekitarnya tidak bisa melihat peristiwa ini, kita hanya bisa merasakan perbedaan suhu yang menjadi lebih dingin dari biasanya.

Namun jika kita berada di Amerika Serikat, kita bisa melihat peristiwa Aphelion ini, Saat Matahari terlihat lebih kecil dari biasanya.

Secara teori, karena berada di titik terjauhnya dengan Bumi, maka Matahari akan terlihat lebih kecil. Namun dalam kenyataannya, perbedaan itu tidak begitu terasa.

Itu karena jarak Bumi dengan Matahari saat aphelion akan berubah hanya sekitar tiga persen saja.

Maka dari itu, sebenarnya Matahari akan terlihat seperti hari-hari biasanya. (bob/jat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here