Bagaimana Roket dapat Bergerak di Luar Angkasa?

95
0
SHARE

BHARATANEWS.ID |TEKNOLOGI – Dalam artian roket bisa berarti banyak hal. wahana luar angkasa, peluru kendali, atau kendaraan terbang yang mendapatkan dorongan melalui reaksi roket terhadap keluarnya secara cepat bahan fluida dari keluaran mesin roket.

Bagaimana Cara Roket Bekerja?

Seperti kebanyakan mesin pada umunyaroket membakar bahan bakarKebanyakan mesin roket mengubah bahan bakar menjadi gas panas yang keluar dari punggungnyaGas inilah yang membuat roket dapat terdorong ke depan.

Roket berbeda dengan mesin jet. Mesin jet membutuhkan udara untuk bekerja sementara roket tidak membutuhkan udara soalnya roket sudah membawa semua hal yang dibutuhkannya termasuk oksigen. Makanya roket dapat bekerja diluar angkasa di mana tidak adanya udara.

Ada dua jenis utama mesin roketBeberapa roket menggunakan bahan bakar cairMesin utamapada wahana pengorbit menggunakan bahan bakar cair. Wahana Soyuz milik Rusia juga menggunakan bahan bakar cair.

Roket lainnya menggunakan bahan bakar padatDi sisi pesawat ulang alik adalah dua roket pendorong warna putih. Itu adalah roket yang menggunakan bahan bakar padat. Kembang api danModel roket juga terbang menggunakan bahan bakar padat.

Bagaimana Cara Roket Bekerja? 

Di luar angkasa, mesin roket tidak dapat mendorong balik/daya tolak dorongJadi bagaimana roketbergerak diluar angkasa? Roket bekerja dengan aturan ilmiah yang disebut hukum ketiga Newtontentang gerakIlmuwan Inggris Sir Isaac Newton mencatat tiga Hukum GerakDia melakukan inilebih dari 300 tahun yang laluHukum yang ketiga mengatakan bahwa untuk setiap tindakanada reaksi sama dan berlawananHukum aksi reaksi. Kekuatan besar (aksi) yang dihasilkan oleh gas panas yang menembak ke belakang dari mesin roket menghasilkan gaya yang sama (reaksi) yang mendorong roket ke depan melalui ruang angkasa.

Aturan ini dapat dilihat di BumiBayangkan seseorang yang berdiri di atas skateboard sambil melempar bola bowlingBola akan bergerak majuOrang di skateboard akan bergerak juga tapi bergerak mundurKarena orang itu lebih beratbola bowling akan bergerak lebih jauh.

Sebagian besar bahan bakar yang dibawa roket digunakan dalam beberapa menit pertama dari misiuntuk mencapai kecepatan melarikan diri dari gravitasi Bumi minimal 25.000 mph (mil per detikatau 40.000 km / jam) (Ry)

(astronesia.blogspot.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here