Pengguna tol Manado-Bitung akan dikenakan tarif Rp 900 per Km

650
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Direktur Utama PT Jasa Marga Manado Bitung, George Manurung, mengatakan pengguna tol Manado-Bitung akan dikenakan tarif sebesar Rp 900 per kilometer (Km). Tol ini rencananya akan dioperasikan pada awal 2019 mendatang.

“Saat ini memang sesuai perjanjian dengan Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT besarannya seperti itu (Rp900 per kilometer),” kata Manurung seperti dikutip Antara di Manado, Senin (26/2).

Tol Manado-Bitung akan memiliki panjang lintasan sekitar 39,9 kilometer dan dibagi dalam dua seksi, yaitu seksi IA-IB serta IIA-IIB. “Jadi kalau masuk dari Kota Manado dan menuju Kauditan, akan berbeda jumlah yang harus dibayarkan ketika mengambil rute dari Manado menuju Bitung yang jaraknya lebih jauh,” jelasnya.

Sebanyak empat pintu tol yang akan dibangun sepanjang ruas jalan ini. “Sebagaimana target, tol Manado-Bitung ini akan dioperasikan pada 2019 mendatang. Sehingga proses konstruksi terus kita pacu pembangunannya. Mudah-mudahan dapat diselesaikan sesuai dengan rencana,” ujarnya.

Manurung menambahkan, di lintasan tol ini akan dibangun empat jembatan dengan panjang bervariasi hingga 360 meter, 10 overpass serta delapan jembatan penyeberangan orang.

Masyarakat diharapkan ikut mendukung pembangunan tol ini, terutama bagi pemilik lahan yang lokasinya termasuk dalam rencana pembangunan. “Proyek strategis nasional ini nantinya akan sangat membantu masyarakat Sulut mengembangkan perekonomiannya,” ujarnya. (merdeka.com) (Rifaqih hidayatullah).