11 Hidangan Berkuah yang Nikmat Banget Disantap Saat Hujan

307
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Sejak Desember tahun lalu, beberapa wilayah Indonesia memang sedang banyak diguyur hujan. Cuaca berubah menjadi lebih dingin dibandingkan dengan biasanya, perutmu pun pasti mudah menjadi lebih lapar juga kan? Dan enaknya sih saat musim hujan begini, kita menikmati hidangan yang berkuah. Setuju?

Nah, sebagai rekomendasi berikut ini 11 hidangan berkuah yang pasti terasa lebih nikmat disantap selagi hujan.

1. Mi instan kuah

Hidangan berkuah - mi instan kuah
Image: Beautynesia

Mi instan bagaikan penyelamat semua umat, enak, mudah dan praktis! Apalagi kamu menikmati hidangan berkuah ini saat hujan. Dengan berbagai merk dan varian rasa yang tersedia di warung dekat rumah hingga swalayan, kamu bisa membuat semangkuk mi instan kuah yang hangat dan akan tambah lezat jika kamu tambahkan telur, cabai rawit dan irisan sayuran. Wah, terbayang kan nikmat dan hangatnya?

2. Bakso

Hidangan kuah - bakso
Image: Resep Harian

Hidangan berkuah yang satu ini juga menjadi salah satu andalan banyak orang yang kelaparan saat hujan turun. Semangkuk bakso kenyal dengan kuah panas, mi/bihun, sayuran dan bisa ditambahkan sambal pedas ini sangat pas untuk menghangatkan tubuhmu kala hujan, sekaligus mengisi ruang di perutmu.

Karna terbilang favoritnya orang Indonesia, hidangan berkuah yang satu ini sangat mudah dijumpai kapan saja.

3. Mi ayam

Hidangan kuah - mi ayam
Image: eatjogja

Hidangan berkuah selanjutnya yaitu mie ayam. Ya, mie kenyal dengan siraman kuah hangat, ayam kecap juga potongan sawi ini juga banyak dicintai orang Indonesia. Coba deh nikmati makanan yang satu ini saat hujan tiba, bukan hanya enak disantap, hidangan berkuah ini dijamin mengenyangkan.

4. Bakmi kuah

Hidangan berkuah - bakmi
Image: Kabar Kuliner

Sebenarnya hidangan yang satu ini khasnya orang Tiongkok, tapi usut punya usut, saat ini sudah banyak disesuaikan lidah orang Indonesia. Tentunya dengan kuah kaya rasa rempah berkualitas. Di Indonesia, banyak dikenal dengan sebutan bakmi Jawa atau bakmi godhog.

Ciri khas bakmi Jawa sendiri, yaitu adanya suwiran daging ayam kampung dan telur bebek. Bagaimana? Terbayang kan lezatnya?

5. Laksa

Hidangan berkuah - laksa
Image: MasukDapur

Hidangan berkuah selanjutnya, laksa mempunyai berbagai varian. Di Indonesia sendiri, banyak dikenal Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Meskipun keduanya sama-sama memiliki kuah yang berwarna kuning, tapi ternyata campuran dan cara penyajiannya berbeda lho.

Kuah laksa Betawi agak kental dari santan dan kelapa sangrai halus, isiannya berupa suwiran ayam kampung, udang, bihun, tauge, telur rebus, dan kemangi. Sementara, laksa Bogor berisi suwiran ayam, bihun, tauge, telur rebus, kemangi, oncom merah, dan tahu. Cara mematangkan oncom dan tahunya tahunya Oncom dan tahunya tidak diresbus tapi dimatangkan dengan guyuran kuah laksa yang panas. Jadi, kamu tim Laksa Bogor atau Betawi nih?

6. Ramen

Hidangan berkuah - ramen
Image: Taste

Masih jenis hidangan berkuah yang menggunakan mi sebagai bahan utamanya. Kalau mi yang satu ini sih sudah jelas populernya di Indonesia meski berasal dari Jepang.

Biasanya diberi campuran isian bermacam-macam yang menambah keunikan rasanya. Nikmatnya nih saat disantap selagi panas sehingga terasa hangat hingga ke perut. Sluuurrp!

7. Pempek

Hidangan berkuah - Pempek
Image: Sajian Sedap

Makanan khas Palembang yang satu ini juga sangat nikmat disantap saat hujan lho guys. Olahan daging ikan dan tepung kanji berikut isian rupa-rupa dijamin membuatmu ketagihan deh! Belum lagi nih, kamu menyantapnya selagi hangat dengan kuah cuka yang asam dan agak pedas. Duh, membayangkannya saja sudah nikmat yaa.

8. Soto

HIidangan berkuah - soto
Image: Nestlé Indofood Citarasa Indonesia

Jenis hidangan berkuah yang satu ini ada soto daging sapi, soto kambing, dan ada juga soto ayam. Kuah dari soto khas Indonesia ini kebanyakannya berwarna kekuningan karena menggunakan kunyit sebagai bumbunya.

Hidangan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran ini dipastikan mampu menghangatkanmu dari dinginnya cuaca hujan.

Baca juga: 9 Soto dan Sop, Kuliner Jogja yang Nggak Kalah dari Gudeg

9. Tongseng

Hidangan berkuah - tongseng
Image: BONANZA

Rasanya manis dan gurih. Biasanya dimasak dengan cara mengoseng daging, irisan kasar kol, bawang putih, tomat, cabe rawit, kecap, garam, dan lada. Tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing yang masih menempel pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Hidangan berkuah yang satu ini disebut-sebut mirip dengan gulai.

10. Sup

Hidangan berkuah - sup
Image: Sajian Sedap

Satu ini juga banyak variannya, bisa juga dibilang sebagai makanan rumahan. Beberapa jenis sup yang biasa disantap oleh orang Indonesia seperti sup ayam, sup sayuran, sup seafood, dan sup ikan. Ada lagi jenis lain yang biasa jadi primadona bagi orang banyak nih, namanya sup buntut, yang isinya ekor sapi yang lezat.

Lebih nikmat dikonsumsi dalam kondisi panas untuk membuat tubuhmu hangat selagi hujan yang dingin. Pokoknya, semua jenis sup ini bisa memanjakan lidahmu deh!

11. Tom yum

Hidangan berkuah - tom yum
Image: eatingthaifood

Hidangan berkuah selanjutnya berasal dari Thailand. Dan ternyata, tom yum ini bukan hanya terkenal di Indonesia, tapi juga negara lainnya karena sudah mendunia.

Rasanya asam, gurih dan pedas dari rempah-rempah seperti cabai, ketumbar, serai, daun jeruk dan air perasan jeruk. Keunikan rasa-lah yang membuat orang banyak menyukai hidangan berkuah ini.

Ada beberapa jenis tom yum seperti Tom Yum Goong yang menggunakan udang sebagai isian utama, Tom Yum Gai menggunakan ayam, Tom Yam Pla yang menggunakan isian ikan dan Tom Yum Talay atau Tom Yum Po Taek yang berisikan berbagai makanan laut.

Nah, itu tadi 11 rekomendasi hidangan berkuah yang nikmat banget kamu santap saat hujan. Jangan biarkan perutmu kelaparan di kala dinginnya hujan ya guys!(SMARTERWAY) (TEGUH)