Becakayu, Pajak Januari di Mata Sri Mulyani, 5 Berita Populer

31
0

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Kecelakaan kerja beruntun pada proyek infrastruktur yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya membuat semua pihak mempertanyakan kualitas infrastruktur yang dibangun oleh BUMN infrastruktur ini.

Kecelakaan kerja terakhir, yakni ambruknya bekisting pierhead atau cetakan untuk pengecoran beton pierhead untuk proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Kecelakaan terjadi tepatnya di jalan DI Panjaitan pada pagi hari pukul 03.00 WIB yang menelan 7 korban luka menambah panjang deretan kecelakaan kerja tersebut.

Tentu saja audit konstruksi menjadi pilihan bagi Menteri PUPR yang kementeriannya juga terlibat dalam proyek tersebut.

Untuk melakukan audit konstruksi semua proyek layang atau elevated, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan langkah memoratorium semua pekerjaan konstruksi “elevated”.

Moratorium berlaku untuk semua jenis proyek elevated baik pembangunan LRT, tol maupun jembatan sampai pelaksanaan audit selesai dalam batas waktu tidak ditentukan.

Tentu saja, risikonya adalah sejumlah proyek yang dikebut untuk memenuhi tenggat waktu jadi akan molor dari target. Namun berita baiknya adalah bahwa nantinya konstruksi yang pasti diresmikan adalah konstruksi yang aman bagi para penggunanya.

Selain soal Waskita karya, pembaca kanal ekonomi Kompas.com juga mencermati soal pajak Indonesia di Januari 2018 yang tertinggi dalam empat tahun menurut Menkeu Sri Mulyani.

Berikut lima berita populer kanal ekonomi Kompas.com pada Senin (20/2/2018) yang bisa Anda baca kembali pagi ini.

1. Soal Kecelakaan Tol Becakayu, Ini Penjelasan Waskita Karya

Kepala Divisi III Waskita Karya Dono Parwoto menjelaskan, kecelakaan kerja di lokasi kejadian pada Selasa (20/2/2018) dini hari tadi bukan berupa ambruknya tiang pancang.

“Bukan tiang pancang atau tiang penyangga yang jatuh, tetapi bekisting pierhead atau cetakan untuk pengecoran beton pierhead,” kata Dono kepada Kompas.com, Selasa siang.

2. Menteri PUPR Hentikan Sementara Semua Proyek Infrastruktur yang “Elevated”

Advertisment

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghentikan sementara proyek-proyek elevated construction, menyusul terjadinya kecelakaan di proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) pada Selasa (20/2/2018) pagi tadi.

“Sekarang saya sudah perintahkan semua berhenti, dari LRT, tol dan jembatan, semua yang membutuhkan pengerjaan berat di atas atau elevated,” ucap dia saat ditemui di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (20/2/2018)

 

3. Trump Bakal Kenakan Tarif Impor Baja, China Tebar Ancaman

Presiden AS Donald Trump dikabarkan bakal mengenakan tarif tinggi untuk impor baja dan alumunium dari sejumlah negara, termasuk China. Menanggapi kebijakan tersebut, China pun menyatakan bakal balas dendam.

Kebijakan tarif impor tersebut merupakan isu terkini dalam episode ketegangan perdagangan antara AS dan China. Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross pada akhir pekan lalu merekomendasikan tarif sebesar 24 persen untuk impor baja dan 7,7 persen untuk impor alumunium.

4. Sri Mulyani: Penerimaan Pajak Januari 2018 Tertinggi Selama 4 Tahun Terakhir

Bahkan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, penerimaan pajak Januari 2018 merupakan termasuk yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.

“Realisasi penerimaan pajak bulan Januari 2018 sebesar Rp 78,94 triliun atau tumbuh 11,17 persen secara year on year. Angka pertumbuhan yang double digit ini merupakan pertumbuhan tertinggi dalam empat tahun terakhir,” kata Sri Mulyani Indrawati saat menggelar konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2018).

5. Go-Jek Minta Pengguna Waspadai Penipuan

Perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis daring Go-Jek meminta pengguna untuk berhati-hati dan mewaspadai aksi penipuan. Aksi penipuan tersebut berupa undian yang mengatasnamakan Go-Jek dan Go-Pay.

Budi Gandasoebrata, Chief of Compliance Officer Go-Pay menyatakan, pihaknya menerbitkan newsletter sebagai salah satu bentuk sosialisasi kepada pengguna Go-Jek untuk waspada terhadap berbagai teknik penipuan yang digunakan oknum yang tidak bertanggung jawab. (Kompas.com) (Rifaqih Hidayatullah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here