Mampu Bertahan 15 Tahun, Bus Baru TransJakarta Bisa Didaur Ulang

9
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR -Sebagai alat transportasi publik, kualitas kendaraan harus apik, umurnya harus panjang. Lantas untuk bus low entry TransJakarta yang bodinya dibuat dengan aluminium sampai berapa ya umurnya?

Dijelaskan Direktur Teknis TransJakarta, Wijinarko, umur dari bus yang dibuat berdasarkan bus yang ada di Singapura ini, diperkirakan bertahan hingga 15 tahun.

“Jadi ekspektasi kita 15 tahun, sama dengan pengalaman di Singapura karena cuacanya mirip-mirip. di Singapura itu 17 tahun standarnya,” ujarnya kepada wartawan, di Kudus, Jawa Tengah.

Yang membuat bus tersebut mampu bertahan lama, kata Wijinarko, bukan hanya perawatannya yang baik. Namum juga kondisi jalan yang baik pula.

“Kalau di negara-negara lain perhatian untuk di jalanan di kota-kota terutama sangat besar sehingga tidak banyak impact, yang banyak merusakkan itu joiningnya, joiningnya pada saat impact, sehingga pengelasannya lepas, ada timbul karat, di sini kita joiningnya sudah tidak pakai las, jadi memang kita akan melindungi dari bodinya yang cepet rusak,” katanya.

Selain itu, General Manager Nusantara Gemilang, Sandra, menjelaskan bahwa bodi dan kerangka bus dari aluminium itu jika sudah tidak terpakai atau sudah mengalami kerusakan bisa didaur ulang.

“Jadi apabila sudah tidak digunakan lagi, sasisnya sudah tidak baik, bisa dihancurkan dan dicetak ulang lagi,” tambahnya. (khi/rgr) (detik.com) (Muhammad Fadhil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here