Jokowi Tak Mau Indonesia Jadi Negara Penadah Bantuan

16
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Presiden Joko Widodo berharap Indonesia tidak lagi menadahkan tangan meminta bantuan kepada negara lain.

Indonesia sebagai negara besar yang kaya sumber daya manusia dan alam seharusnya mulai banyak membantu negara-negara lain.

“Saya sudah sampaikan ke Bu Menlu dan para menteri agar tidak cari bantuan. Indonesia seharusnya membantu, jangan (meminta bantuan),” ujar Jokowi sambil menadahkan tangan di Gedung Pancasila, Senin (12/2).

Hal itu disampaikan sebelum meresmikan pembukaan rapat kerja Kepala Perwakilan Republik Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri.

Jokowi menegaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia terbilang baik mencapai 5,07 persen pada kuartal III 2017. Kepercayaan investasi di Indonesia juga meningkat tahun ini.

Di sisi lain, Indonesia juga menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menjadi anggota G20.

“Masuk G20, masuk golongan negara besar. Jangan merasa inferior. Kalau inferior bagaimana bisa gagah datang ke Summit?” ucap mantan Wali Kota Solo ini.

Ia mencontohkan bantuan yang telah mulai dilakukan dalam setahun terakhir seperti pengiriman bantuan kepada pengungsi Rohingya di Bangladesh, diplomasi perdamaian di Afghanistan dan di Palestina.

“Jadi Indonesia sudah gede. Tapi merasa enggak punya terus. Gimana? Pesimis,” tatarnya.(CNN indonesia) (Muhammad Fadhil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here