Buang Sampah Sembarangan di Bogor, Pilih Denda atau Penjara?

36
SHARE

BHRARATANEWS.ID | BOGOR 14 dari 34 warga didenda sebesar Rp 400 ribu karena terbukti membuang sampah sembarangan di dua titik lokasi di Kabupaten Bogor.

Mereka harus membayar denda setelah menjalani sidang tindak pidana ringan di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis 8 Februari 2018 sore.

Mereka dikenakan Pasal 9 ayat 2 Perda Kabupaten Bogor Nomor 4 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum. Dalam aturan tersebut disebutkan setiap orang atau badan dilarang membuang sampah ke sungai, saluran, situ atau danau, dan mata air.

“Vonis ini lebih ringan, karena sesuai aturannya kurungan paling Lama 3 bulan penjara dan denda Rp 50 juta,” kata Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Atis Tardiana saat dikonfirmasi, Jumat (9/2/2018).

Atis menyebutkan, dari 34 pelanggar yang hadir mengikuti sidang hanya 14 warga. Namun begitu, sisanya tetap menjalani sidang karena jika tidak akan kena kurungan penjara di Lapas Pondok Rajeg Cibinong.

“Sebagai efek jera, kami beri dua pilihan yaitu denda Rp 200 ribu atau dikurung selama tujuh hari,” kata Atis.(Liputan6) (Muhammad Fadhil)