Karyawan Tirta Sayaga Keluhkan Gaji Yang Tidak Sesuai UMK

1690
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Menurut Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 561/Kep.1191-Bangsos/2016 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2017 menetapkan UMK Kab. Bogor untuk tahun 2017 adalah Rp. 3.204.551, namun hal itu ternyata tidak sesuai dengan yang diterapkan beberapa perusahaan yang ada di Kab. Bogor, salah satunya adalah Tirta Sayaga yang menyuguhkan pelayanan rekreasi pemandian Air Panas di Gg. Jamblang, Bojong Indah, Parung, Bogor, Jawa Barat.
Tirta Sayaga yang dikelola Badan Usaha Milik Daerah Kab. Bogor, PT Sayaga Wisata ini ternyata tidak menerapkan upah sesuai dengan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 561/Kep.1191-Bangsos/2016.

Hal itu diungkapkan salah seorang pegawai Tirta Sayaga ‘M’ yang mengeluhkan gaji yang tidak sesuai dengan UMK “Disini rata-rata karyawaan digaji Rp. 1,4” katanya.

‘M’ juga mengeluhkan bahwa dirinya merasa lebih baik digaji mingguan dari pada bulanan, “saya mending gaji mingguan, seminggu dulu saya Rp.750 Ribu, mending mingguan,” katanya.
Selain itu ‘M’ juga mengatakan bahwa karyawan sama sekali tidak diberikan jaminan kesehatan seperti BPJS, “BPJS gak ada sama sekali,” ujarnya.

Sedangkan dalam Pasal 14 Undang-undang Nomor 24/2011 tentang BPJS, menjelaskan setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program jaminan sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here