Ribuan Biker Harley Davidson Gelar Upacara Di Gedung Sate Bandung

2377
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BANDUNG – Ribuan biker Harley Davidson menggelar upacara di tengah kawasan Gedung Sate Festival, Jalan Dipenogoro, Sabtu (30/9).

Mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya diiringi alat musik tradisional Sunda, angklung. Kehadiran para bikers ini kian memeriahkan perayaan HUT ke-72 Jabar.

Hadir dalam kegiatan tersebut mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna yang juga merupakan Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) dan disambut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Selain dari berbagai provinsi di Indonesia, hadir juga dalam kegiatan tersebut para biker dari belasan negara, mulai dari Inggris, Amerika Serikat, Brunei, Filipina, sampai Australia.

Motor-motor kebanggaan mereka pun diparkir di sepanjang Jalan Diponegoro dan sekitar Lapangan Gasibu. Kegiatan para pemotor yang diselenggarakan HDCI ini merupakan upacara pembukaan event International Bandung Bike Week (IBBW)  yang diselenggarakan sampai Minggu (1/10).

Dalam kegiatan tersebut, Nanan Soekarna mengatakan pihaknya berupaya mendukung perkembangan budaya dan kesenian di Jawa Barat. Selain itu, berupaya juga meningkatkan gairah industri pariwisata dan industri kreatif di Jawa Barat, terutama Bandung.

“Ada sekitar 1.000 bikers mendatangi Bandung, dari berbagai daerah di Indonesia dan sejumlah negara. Kami harap kedatangan kami ke sini mempu mendukung sektor pariwisata Jawa Barat, hotelnya pada penuh, dan produk-produk kreatifnya bisa dibeli para bikers,” kata Nanan dalam sambutannya.

Nanan mengatakan dalam IBBW, para bikers terus mengangkat tagline tidak ada status sosial atau jabatan yang memisahkan persaudaraan para bikers. Kebersamaan dan persaudraan, katanya, berada di atas perbedaan status sosial atau ekonomi.

Ahmad Heryawan yang dalam kesempatan tersebut memakai rompi HDCI mengatakan sangat menyambut baik kedatangan bikers di Jawa Barat.

Kedatangan bikers ini dinilai memeriahkan HUT ke-72 Jawa Barat. Gubernur yang akrab disapa Aher ini pun mempersilakan para bikers berwisata menjelajahi Jawa Barat.

“Kegiatan kita semakin semarak, semakin sempurna saja urusan kita hari ini. Memang kalau ingin merasakan keramah-tamahan rakyat yang penuh senyuman, sangkat tepat bikers datang ke Jabar,” kata Aher

Aher mengatakan sangat mengapresiasi semangat HDCI dalam mengkampanyekan keselamatan lalu lintas dan keberpihakannya pada budaya dan seni Jawa Barat. Hal ini ditunjukkan dengan HDCI yang akan menggelar event permainan angklung, jaipong, dan rampak kendang secara kolosal.

Gubernur pun akhirnya mengajak para bikers untuk menonton kebudayaan sunda lainnya, yakni wayang golek yang akan diperagakan sebagai acara penutup Gedung Sate Festival, Sabtu (30/9).

Dalam kegiatan itu, Gubernur Jawa Barat menyerahkan angklung dan iket sunda secara simbolik kepada Ketua Umum HDCI. Setelah upacara usai, para biker melakukan kegiatan rolling thunder keliling Kota Bandung dan kembali ke Click Square. Di puncak acara IBBW banyak digelar acara-acara seru dan belum pernah ada sebelunya, yakni para biker akan bermain angklung, rampak gendang di atas motor tunggangannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here