Oknum Kades Sanggau Kalimantan Diduga Korupsi APBDes Sebesar Rp 500 Juta

156
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KALIMANTAN – Sebanyak Rp. 500 juta Dana apbdes diduga dikorupsi oleh pejabat Desa Ilai. Hal tersebut dibenarkan oleh Sabar Evrianto Batubara, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Sanggau di Entikong menahan Kepala Desa Ilai, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dalam kasus penyalahgunaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2016.

“Untuk tindak pidana khusus sudah kami lakukan penahanan dalam perkara penyalahgunaan pengelolaan keuangan anggaran Desa Ilai tahun anggaran 2016. Dan telah kami tetapkan tersangka atas nama Lorentius Sikin, Kepala Desa Ilai,” ujarnya Selasa (25/7/2017).

Sabar mengungkapkan, kerugian negara akibat penyalahgunaan dana APBDes itu mencapai Rp 500 juta. Menurutnya, modus yang digunakan Kades tersebut, salah satunya dengan membuat dokumen fiktif pertanggung jawaban pengerjaan proyek dari dana APBDes 2016.

“Tersangka sudah kami tahan di Rutan Pontianak. Kerugian negara sementara ini sekitar Rp 500 juta, tapi akan kami pastikan berdasarkan hasil hitungan Inspektorat Daerah Sanggau, paling lama seminggu lagi keluar hasil hitungannya,” katanya.

LS dijerat pasal 2, 3 dan 9 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi dengan hukuman pidana penjara minimal empat tahun. Kejaksaan terus menyelusuri kemungkinan keterlibatan pihak lain dalam kasus penyelewengan penyalahgunaan APBDes di Desa Ilai. (DW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here