Dirut Bulog Resmikan Pasar Induk Modern Cikopo

99
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | PURWAKARTA – Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog), Djarot Kusumayakti dan Bupati Purwakrta, Dedi Mulyadi meresmikan Pasar Induk Modern Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat 2017.
Pasar Induk Modern Cikopo yang dikelola PT Jayaktijaya Megah ini akan memfasilitasi para pelaku pasar dalam mendistribusikan kebutuhan pokok bagi warga Jawa Barat (Jabar).

“Saya sangat mendukung upaya pembangunan pasar modern yang menfasilitasi pedagang, pelaku pasar, yang akan membuat harga pangan menjadi terjangkau,” kata Djarot dalam pidato sambutannya Selasa (8/8/2017).

Sementara itu, menurut Humam Abdul Latif, salah satu staf pengembangan PT. Jayaktijaya menjelaskan, pasar induk modern ini memiliki luas sekitar 30,78 hektare dengan hampir 5.000 unit kios dan los. Dan kini kondisi banguna sudah 35 persen rampung.

“Menurut saya, Pasar Induk Cikopo ini merupakan salah satu tempat distribusi yang efisien, karena lokasinya yang strategis berdekatan dengan jalur protokol dan berhadapan dengan pintu tol Cikopo, sehingga mudah diakses. Dan alhamdulillah, pihak pengembangan telah menyelesaikan bangunan kios beras dan los daging dan ikan,” ujar Humam.

Lebih lanjut, kata Humam, untuk bulan pertama sampai bulan ke tiga, pihaknya akan memberikan kompensasi gratis kepada pedagan yang nantinya berjualan ditempat itu.

“Untuk awal, pedagan hanya kami wajibkan membayar iyuran listrik dan uang kebersihannya saja. Tapi, setelah tiga bulan berikutnya baru mereka kami kenakan biaya sewa,” paparnya.

Hal senada diungkapkan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengigatkan, bahwa selama ini biaya hasil panen petani sangat tinggi, belum lagi ditambah ongkos produksi dan biaya kirim, yang membuat petani sering mengeluh lantaran barang dagangannya terlambat dijalan saat akan dikirim ke Jakarta. Sehingga resiko kerusakan dijalan pun sanggat tinggi.

“Maka peran pasar ini sangat penting mengatur rantai distribusi. Termasuk akan menjaga ketersediaan dan keterjangkauan serta stabilisasi harga,” kata Dedi.

Dedi berharap, dengan adanya Pasar Induk Modern Cikopo tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Purwakarta, Karawang dan Subang.

Sementara hadir dalam kesempatan itu, diantaranya Bupati Purwakarta H. Dedi Mulyadi, Bupati Karawang, Hj. Cellica Nurrachadiana dan beberapa utusan kepala desa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang yakni Kades Cikopo, Dasewan Husien, Kades Cinangka Hj. Ida D. Marlina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here