PESAN KOMUNIKASI POLITIK TIDAK BISA “TERHAPUS”

161
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | POLITIK – Berita yang bersumber dari seorang waketum (AP) dari sebuah partai G, menyamakan partai tertentu yang lain dengan sebuah partai yang sudah dilarang keberadaanya, sebagai mana dimuat pada link di bawah ini, menurut hemat saya, sangat bepotensi sesat dan boleh jadi juga menyesatkan publik.

Sebab, menyamakan sebuah partai tertentu dengan partai terlarang, bisa berpotensi menempatkan partai tertentu tersebut sebagai musuh bersama. Tentu ini sangat tidak sesuai dalam membangun komunikasi politik yang beradab di negeri ini.

Karena itu, sangat wajar bahwa pernyataan AP tersebut membuat berang kader partai tertentu tersebut. Akhirnya, AP pun membuat pernyataan minta maaf bermeterai.

Terlepas motif politik AP melontarkan pesan komunikasi politik ke ruang publik tersebut dan membuat pernyataan maaf, dari aspek Ilmu Komunikasi, utamanya Komunikasi Politik, maka pesan tersebut tidak dapat ditarik kembali dengan upaya apapun, termasuk membuat pernyataan minta maaf.

Sebab, pesan tersebut telah ter-saving di peta kognisi khalayak atau publik yang menerimanya.

Karena itu, pernyataan maaf tidak bisa menghapus begitu saja pernyataan yang bisa jadi sesat dan menyesatkan itu. Lagi pula, bagi khalayak yg menerima pesan tidak bisa menghapus sama sekali kogisinya dari pesan yang diterima, yang boleh jadi sesat itu.

Menurut pengamatan saya terhadap perilaku komunikasi politik dari aktor politik di Indonesia, masih ada elit partai di negeri ini belum mengindahkan aksiologi (etika dan moral) dalam melakukan tindak komunikasi politik. Baru saja kita mendengar kata, “melukai rakyat”, “menipu rakyat”, “bodoh” dan sebagainya.

Merujuk masih adanya elit partai belum mengindahkan aksiologi komunikasi politik dan lontaran pesan komunikasi politik yang disampaikan oleh AP, maka tidak berlebihan bahwa para pengurus dan elit partai wajib belajar Etika, Moral dan Filsafat Komunikasi Politik. (Emrus Sihombing)
Berikut link berita:
https://news.detik.com/read/2017/08/01/191008/3582448/10/ini-pernyataan-waketum-gerindra-wajar-pdip-disamakan-dengan-pki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here