LATIHAN PERDANA PADEPOKAN SARAPALA BOGOR

611
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – padepokan Sarapala Bogor melakukan latihan perdananya di kampung Cibeureum Kalong desa Sukawening kec Dramaga (29/07).

Kegiatan tersebut turut dihadiri
Ketua Umum Sarapala pusat, Sukma Sesepuh Sarapala dan tokoh Budaya Sunda, Abah Tapa Umbara dan Penasehat Ustad H.Mulyana.

Sarapala adalah salah satu pasukan khusus pengawal Eang Prabu Sili wangi yg setia dan patuh.
Sarapala mempunyai 3 ciri yaitu :

1.NGAJI yg ikut bergabung dalam Sarpala wajib belajar ngaji,dgn ngaji manusia akan tau aturan dalam Agamanya sehingga dapat mengkaji kehidupanya

2.MANAH setelah gaji lalu dikaji kita dituntut utk mengimplementasikan dan merealisasikan sehingga gerak langkahnya sesuai degn hati atau rasa

3.SILAT bela diri yg diciptkan untuk membela diri atau negaranya sehingga dapat menjadi manusia kuat jiwanya kuat juga Raganya yg perlu di lestarikan

Selain itu Dihadiri juga oleh beberapa komunitas paguyuban dan para penggerak budaya kasundaan kabupaten dan kota Bogor.

Acara tersebut tujuanya untuk mempererat tali silaturohmi sesama warga budaya sunda, sehingha terjalin rasa silih asah silih asih dan silih asuh dalam kesamaan suku dan Budaya Sunda

Abah tapa umbara dalam sambutanya menjabarkan, ” terbentuknya Sarapala ini salah satu bentuk pangeling ngeling mengingat sejarah ratusan tahu yang silam bahwa saat jamanya Prabu Siliwangi era pajajaran ada pasukan pemanah”.

Ustad Mulyana selaku penasehat juga tokoh Agama sekitar memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini,mengingat saat ini generasi muda di jajah oleh budaya luar ( Barat )sehingha tdk lgi santun terhadap orang yg lebih tua,guru budaya cuek karena mereka tdk lgi mengenal dan mencintai budayanya sehingga dianggap perlun Budaya Sunda di hidupkan kembali di wilayah nya.

“Saya menyambut baik bahkan setelah ikut hadir dan sedikit memahami visi dan misinya, saya apresiasi kegiatan ini selama tidak melenceng dari ajaran Agama dan aturan Pemerintah. Apalagi syarat atau ciri Padepokan Sarapala cukup luar biasa yang sampaikan oleh ketua dan sesepuh Ngaji, Manah dan silat. Selain nilai religius, Budaya ada juga nilai kegiatan olah raga ini sangat positip”, ujarnya.

“Saat memberikan penilaian alangkah bijaknaya seseorang ikut ke terjun ke dalamnya agar dapat memberikan penilaian yg bijaksana”, ujarnya lagi.

Selain itu Sabil, Sekdes Sukawening memberikan dukungan terhadap kegiatan Budaya dan olah raga. Dirinya menilai kegiatan tersebut sangat positif.

“Saya mendukung kegiatan ini karena menurut sy ini kegiatan yg positif”, ujarnya.

Ki Sukma ketua umum Sarapala pusat menuturkan, “semoga saja dengan adanya paguyuban Sarapala ini dapat mempererat rasa persaudaraan rasa persatuan, dan harapanmnya yg ikut dalam paguyuban ini dapat mengimplementasikan dan merealisasikan dalam kehidupan, sehingga Sunda dapat bangkit, bangkit dijaman ini “PAJAJARAN NU ANYAR PAJAJARAN AYEUNA “dalam arti bangkit dan tumbuh berkembang ajaranya yg mempunyai nilai nilai luhur”, tandasnya.

Heri.s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here