Elan Jaelani Sulap Sampah Menjadi Barang Unik Dan Cantik

263
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Punya banyak barang bekas gak terpakai yang numpuk dirumah itu terkadang bikin tidak enak dilihat bahkan malah bisa menjadi sampah.

Apalagi ketika banyak sampah bekas minuman kemasan yang bikin kita berpikir kalau dibuang sayang lingkungan, dijualpun tak seberapa harganya. Pada akhirnya barang-barang bekas tersebut pasti dibuang juga.

Padahal sebenarnya barang bekas ataupun sampah yang tidak dipakai dirumah bisa dijadikan barang yang cantik dan menarik loh.

Ada beberapa ide kreatif yang bisa kita terapkan, seperti salah satu contohnya yang dibuat oleh Aktivis Lingkungan dan Literasi di Pamoyanan Bogor Selatan Kota Bogor.

Elan Jalenai seorang Aktivis Lingkungan & literasi ini membuat sebuah kerajinan dari barang yang tidak terpakai menjadi benda unik yang sangat mudah untuk ditiru.

“Coba deh, manfaatkan barang-barang bekas dan tidak terpakai itu untuk disulap menjadi cantik dan menarik”,kata Elan seusai mengadakan pelatihan Educraft dari barang bekas yang diadakan di Perpustakaan Sampah.

Elan menambahkan pelatihan educraft yang dilakukan adalah menghiasa tas maupun dompet menggunakan sampah anorganik.

“Biasanya pelatihan educraft itu dengan menghias tas-tas ataupun dompet,tapi kali ini menghias sampah anorganik agar dapat digunakan kembali, baik untuk hiasan maupun untuk pot bunga”, tambahnya.

 

Selain itu, Tuti salah satu peserta pelatihan educraft menuturkan bahwa sangat mudah dalam mengubah sampah menjadi benda unik tersebut.

“Gampang banget bikinnya,tidak sampai satu jam peserta pelatihan sudah bisa menghias botol-botol kaca maupun botol air mineral menjadi cantik”, tuturnya.

Banyak cara untuk mengurangi sampah anorganik jika kita mau melakukan 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) yang berarti menggunakan ulang, mengurangi, dan mendaur ulang sampah.

3R merupakan konsep penanganan sampah,dengan menerapkan konsep 3R diharapkan jumlah sampah yang dibuang ke TPA kuantitasnya bisa menurun. (Lan/jat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here