AJPR Soroti Profesionalisme dan Kesejahteraan Wartawan

219
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Peningkatan kompetensi dan kesejahteraan wartawan menjadi perhatian utama bagi Aliansi Jurnalis Pasundan Raya (AJPR). Hal itu ditegaskan Ketua Umum AJPR masa bakti 2017-2020, Ahmad Rifai Sogiri dalam sambutan dalam rapat kerja (raker) dan konsolidasi di Vila Katumbiri Resort berlokasi di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Minggu (23/07/2017).

” Selain masalah profesionalisme, kita masih menyaksikan realitas akan rendahnya kesejahteraan bagi wartawan. Akibatnya, wartawan sering mendapat masalah dalam menjalankan tugas dan profesinya, hal ini menjadi perhatian serius AJPR,” ungkapnya dihadapan peserta rapat.

Sesuai tujuan dan semangat pendiriannya, kata dia lagi, AJPR diharapkan mampu menjalankan misinya sebagai wadah profesi yang profesional dan independen memiliki kontribusi nyata dalam memecahkan berbagai persoalan problem tersebut.

” Secara garis besarnya, ada tiga hal mendasar yang menjadi konsentrasi AJPR yakni masalah peningkatan SDM, pengembangan dan penguatan organisasi, serta kesejahteraan wartawan yang tergabung di AJPR,” imbuhnya.

Tak hanya itu, ia juga mengakui dalam menjalankan tugas dan fungsinya, wartawan dihadapkan oleh berbagai persoalan sehingga diperlukan sebuah perlindungan hukum baik dari perusahaan medianya maupun organisasi profesi. Disisi lain, diperlukan juga perlindungan hukum bagi masyarakat dalam mendapatkan keadilan.

“Perlu ada perlindungan bagi wartawan maupun masyarakat dari sebuah organisasi profesi. Karena itu, di AJPR ada biro hukum yang diisi oleh kalangan praktisi hukum serta Dewan kode etik Jurnalistik,” tandasnya.

Selain Anggota dan pengurus, rapat kerja juga dihadiri para Dewan Pembina AJPR, Dewan Penasehat AJPR, Biro Hukum dan Dewan Kode Etik Jurnalistik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here