Air Kali Berbusa Bikin PDAM Bekasi Resah

124
0
SHARE
BHARATANEWS.ID | BEKASI – Pencemaran Kali Bekasi membuat  PDAM Bekasi menjadi resah. Meski, sebelumnya Walikota Bekasi Rahmat Effendi sudah menyegel satu perusahaan di pinggir Kali Bekasi.

“Masih belum hilang (trauma akibat pencemaran). Tetapi, kalau sumber air baku ful dari Kalimalang, maka kita aman,” kata Tb Hendi Irawan, Direktur Utama PDAM Tirta Patriot Bekasi.

Disebutkan, saat ini sumber air baku PDAM Tirta Patriot masih mengandalkan Kali Bekasi. Meskipun saat ini sudah dibangun aliran kali dari Perum Jasa Tirta atau Kalimalang.

Hanya saja, saat ini ketika sudah dibangun pintu air di kawasan Margajaya, maka lebih aman. Hal ini bisa dilakukan kalau air baku dari Kali Bekasi jika tercemar akan ditutup. Dan PDAM full menggunakan air baku Kalimalang.

“Kewenangan menutup itu bukan di Pemkot Bekasi. Sehingga masih butuh prosedur lagi,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, walikota Bekasi menyegel satu perusahaan di Cikiwul karena diindikasi membuang limbah ke kali. Buangan limbah ini menjadi satu penyebab sehingga air kali tercemar.

Dua bulan sebelumnya, Kali Bekasi juga tercemar dengan banyaknya busa di Kali Bekasi yang menjadi sumber air baku PDAM Tirta Patriot ini. Hasil penelitian pencemeran bukan dari wilayah Kota Bekasi, tetap dari daerah tetangga di Kabupaten Bogor. Langkah selanjutnya pun seperti belum tuntas karena masih terbuka kemungkinan akan terjadi pencemaran. (pos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here