RUWAT MUSTIKANING JAGAT RAHYANG GIRI PURWA 7 MANDALA [TUJUH GUNUNG]

236
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Tak ada yang kebetulan di semesta ini. Kita lahir sebagai anak-anak bangsa, anak-anak negeri bernama Indonesia. Tak ada lagi sikap yang lebih mulia dan utama selain rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat dan Anugerah bagi kita untuk dihadirkan di bumi Nusantara ini.

Berangkat dari Sikap dan Rasa Syukur, seraya berupaya menemukan kembali serpihan mutiara hikmah yang selama ini berserakan di bumi Nusantara, kami hadir menghampiri Mustika Bumi. Kiranya doa-doa dan kerukunan anak bangsa ini dapat menjadi penyuluh bagi Keluhuran dan Kemuliaan bangsa dan negeri kita tercinta, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Secara substansial, kebudayaan meliputi seluruh semua aspek hidup dan kehidupan manusia. Kebudayaan merupakan pandangan hidup sekaligus sikap manusia dalam kehidupan keeseharian. Ia memberi identitas sekaligus menjadi tolak ukur martabat suatu masyarakat bahkan bangsa. Sehingga wajar bila bangsa yang beradab dilihat dari bagaimana gerakan budayanya. Bahwa budaya yang luhur adalah budaya yang senantiasa mengakar pada nilai-nilai ketuhanan, sekaligus dimanifestasikan dalam gerak kehidupan melalui alam di sekitarnya.

Dari kebudayaan yang berakar pada nilai Ilahi itulah kemudian lahir tradisi dan laku kehidupan. Di antaranya adalah kesenian, bahasa, busana, hingga bagaimana manusia menentukan pilihan dan bentuk kediamannya. Tak hanya itu, atas dasar pandangan kebudayaan pula, manusia memiliki sikap dalam kehidupan sosial, politik, ekonomi, bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kebudayaan yang lahir dari ketulusan cipta, rasa dan karsa pada suatu masyarakat itu kemudian tercermin dalam penyelenggaraan hidup dan kehidupan. Salah satunya adalah sikap dalam meneladani para leluhur dalam merawat dan menghormati alam di sekitarnya. Para leluhur menyadari sepenuhnya bahwa kita sebagai manusia tidak mungkin hidup tanpa menjadi bagian dari keutuhan alam semesta. Dan tentu saja sikap yang demikian itu menjadi bagian dari sikap kita sebagai hamba kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Maka, kami atas nama generasi penerus yang meneruskan perjuangan leluhur kami yang mengutamakan silih asah, asih, dan asuh akan mencoba menggali potensi yang tersebar di wilayah Bogor dengan mengadakan tasakur kepada Allah SWT yang telah memberikan anugrah kepada kita makhluknya. Untuk itu rasa syukur ini kami wujudkan dalam bentuk.

konteks kebudayaan dengan mengangkat filosopis kearipan lokal di tatar Sunda PAJAJARAN BOGOR. Maka dengan ini kami atas nama DEWAN KESENIAN KABUPATEN BOGOR BERSAMA LEMBAGA LEMBAGA SENI BUDAYA MUSLIM INDONESIA PB NU , PAGER NUSA KNPI KAB BOGOR , KARANG TARUNA , PEMKAB BOGOR, SAYAGA WISATA BOGOR DAN KOMUNITAS BUDAYA YANG LAINNYA MENGADAKAN RUWATAN TUJUH GUNUNG dengan tema ‘ RUWAT MUSTIKANING JAGAD RAHYANG GIRI PURWA TOEDJOEH GUNUNG,
ACARA BERLANGSUNG 7 BULAN DARI BULAN JULI SAMPAI JANUARI 2018 SATU BULAN SATU GUNUNG.
JADWAL KEGIATAN RUWAT MUSTIKANING JAGAD
RAHYANG GIRI PURWA TOEJOEH MANDALA
NO Waktu/tanggal/Bulan/Tahun lokasi Alamat
1 Sabtu , Minggu
29-30 Juli 2017 Gunung Sodong kp.Parung Singa Rt 02 Rw 07Gunung Sodong, desa Karehkel – Kecamatan Leuwiliang – Kabupaten Bogor.
2 Rabu,Kamis
30-31 Agustus 2017 Gunung Eusing Desa Gobang Kecamatan Rumpin
3 Sabtu, Minggu
30 September -1Oktober Gunung Munara Desa Kampung Sawah Kecamatan Rumpin
4 Sabtu- Minggu
28-29 Oktober 2017
Gunung Pancar Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
5 Sabtu –Minggu
25-26 November 2017 Gunung Salak Arca Domas – kecamatan Tenjo laya
6 23-24 Desember 2017 Gunung Gede Talaga Warna Puncak
7 27-28 Januari 2018 Gunung Pangrango Lido- Kecamatan Caringin
RONDOWN ACARA

HARI PERTAMA

– PERSIAPAN ACARA
– ARAK ARAKAN SAJI
– NATA MANDALA SAJI
– SAMBUTAN SAMBUTAN
– GELAR SENI BUHUN
– PENCA
– GONDANG
– ANGKLUNG GUBRAG
– MUSIK KOLABORASI
– PANTUN BUHUN
– ORASI KEBUDAYAAN
– RUATAN
– TAWASUL AGEUNG , DOA DAN MANTRA SUCI
– TARAWANGSA

HARI KEDUA
– PENANAMAN POHON 1000
– TABUR IKAN DI SUNGAI
– LEPAS BURUNG DI ALAM BEBAS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here