Tangani Permasalahan Sosial, IPSM Ciawi Gelar Rakor

80
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, gelar rapat kordinasi (rakor) di ruang rapat kantor Kecamatan Ciawi, Senin (10/07/2017). Rapat yang dipimpin oleh Ketua Umum IPSM Kabupaten Bogor, Dian Firmansyah itu membahas permasalahan sosial yang ada di wilayah Ciawi dan menyusun strategi dalam penanganannya.

” Banyak persoalan sosial yang harus ditangani. Dalam rakor ini, dibahas strategi penanganannya,” kata Dian.

Ia menambahkan, IPSM di Kabupaten Bogor dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Bogor nomor 164 tahun 2016. Salah satu tugas IPSM, kata dia lagi, yakni untuk mensinkronisasi kegiatan IPSM dengan program penanganan masalah kesejahteraan sosial pada dinas sosial tingkat kabupaten.

” Selain itu, juga bertugas untuk mengembangkan dan meningkatkan jaringan sosial dalam rangka meningkatkan SDM dan kinerja pengurus IPSM.
Tugas lainnya adalah, melaksanakan penyandang masalah kesehateraan sosial (PMKS) dan potensi kesejahteraan sosial (PSKS) serta melaporkan kegiatannya setiap bulan kepada bupati,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Camat Ciawi Bambang Setiawan mengatakan, keberadaan IPSM sangat dibutuhkan karena selama ini sangat peduli dengan musyarakat yang membutuhkan pelayanan khususnya di bidang kesehatan. Di wilayah Kecamatan Ciawi, sambungnya, persoalan sosial yang terjadi dapat diminimalisir berkat adanya koordinasi yang baik antara IPSM, pemerintah desa dan Kecamatan.

” Ada penurunan angka permasalahan sosial di Ciawi. Alhamdulilah, hal itu dikarenakan adanya koordinasi yang sangat baik. Semoga kedepannya persoalan sosial yang ada dapat ditangani secara menyeluruh,” tandasnya.

Untuk diketahui, IPSM dibentuk susuai Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2012 Tentang Pekerja Sosial Masyarakat. IPSM bertujuan untuk terwujudnya kehidupan masyarakat yang berkesejahteraan sosial dan terwujudnya masyarakat yang memiliki keberfungsian sosial yang mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri serta tertanganinya masalah sosial. (Rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here