Hasil Sidang Isbat, Idul Fitri Jatuh Pada 25 Juni 2017

50
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Sidang isbat menjadi fokus dari umat Muslim di Indonesia. Sidang penentuan waktu Idul Fitri menjadi momen yang paling ditunggu oleh umat Muslim. Lantas, kapan Indonesia merayakan Idul Fitri?

Sidang isbat kini sudah selesai dilaksanakan. Berdasarkan hasil sidang menurut perhitungan hisab, Menteri Agama Lukman Hakim Syarifudin menyatakan bahwa 1 Syawal 1438 H jatuh pada hari Minggu 25 Juni 2017.

Pelopor dari berbagai daerah menyatakan bahwa hilal sudah tampak. Sabtu (24/6), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan sudah melakukan penghitungan hilal. Perhitungan ini menjadi momentum penentuan 1 Syawal.

Kepala Bagian Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan bahwa posisi hilal akan berada pada 2 hingga 4 derajat di seluruh Indonesia. “Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia saat Matahari terbenam berkisar dari 2,14 derajat (di Jayapura) sampai dengan 3,65 derajat (di Tua Pejat – Kepulauan Mentawai). Sedangkan ketinggian hilal di kota-kota lainnya di wilayah Indonesia antara 2,30 derajat sampai dengan 3,37 derajat,” ujarnya. (jat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here