Coba-Coba Kabur dari Lapas, 17 Napi Tewas Ditembak Polisi

75
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KRIMINAL – Kasus kaburnya narapidana tak hanya terjadi di Indonesia. Belum lama ini, sebuah penjara di Papua Nugini dibobol oleh para penghuninya. Sebanyak 77 narapidana dikabarkan kabur.

Dari kabar yang dirilis The Guardian, Senin (15/5/2017), kasus kaburnya 77 tahanan ini terjadi pada hari Jumat (12/5/2017) silam. Mereka kabur dari sebuah penjara yang berokasi di kota Lae yang berada di utara kota Port Moresby.

Untuk menangani kasus kaburnya narapidana ini, kepolisian Papua Nugini pun mengambil langkah tegas. Mereka memutuskan untuk menembak para tahanan yang nekat untuk kabur dari lapas setempat. Akibatnya, 17 narapidana tewas usai mendapatkan timah panas dari senjata personel yang bertugas.

“Mereka adalah orang-orang yang tidak diinginkan dan berbahaya bagi masyarakat. Mayoritas dari narapidana yang kabur adalah orang-orang yang terlibat dalam kasus kriminal yang serius dan tengah menunggu vonis,” ujar Kepala Polisi Kota Lae, Superintendent Anthony Wagambie Jr.

Namun aksi penembakan ini mendapatkan kecaman dari berbagai pihak, salah satunya dari Badan Pemerhati Hak Asasi Manusia Australia. Menurut mereka, penembakan tersebut adalah hal yang keterlaluan dan tak perlu.

“Menangkap narapidana yang kabur adalah pekerjaan yang sulit dan berbahaya, tapi kepolisian Papua Nugini tak punya izin untuk membunuh,” ujar Elaine Pearson.

Hingga berita ini diturunkan, kepolisian Papua Nugini baru berhasil menangkap tiga narapidana dan masih dalam proses pencarian 57 orang tahanan lainnya. (kriminalitas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here