Cegah wabah flu burung, Disnakkan Beri Vaksin Gratis

86
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Antisipasi wabah flu burung merambah wilayah bumi tegar beriman terus digiatkan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bogor.

Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan dan Ikan (Puskeswankan) Wilayah VI ,…
mengatakan pihaknya melakukan vaksinasi avian influensa sebanyak 500 dosis sebanyak tiga tahap di 5 Kecamatan. “Vaksinasi avian untuk unggas kita lakukan tiga tahap dimulai pekan lalu, pekan ini dan pekan depan,” katanya di kantor Disnakkan Kabupaten Bogor.

Sebanyak 500 dosis diberikan untuk unggas peliharaan yang berada di Kecamatan Dermaga, Ciomas, taman sari, Tenjolaya,Ciampea .

“Jenis unggas yang di vaksin adalah ayam, burung, itik, dan sejenisnya,” ujarnya.

Dirinya mengaku belum ditemukan adanya wabah flu burung atau unggas yang mati mendadak. Hal ini karena pihaknya rutin memberikan vaksin kepada unggas. ” imbuhnya.

Kepala Upt wilayah VI Umar Wira Hadi kusa sapaan Umar,menghimbau kepada warga yang memelihara unggas supaya menjaga kebersihan kandang, pola makanan hewan serta pola hidup bersih sehat warga sekitar agar terhindar dari wabah flu burung.

Keterangan didapat kepala desa neglasari Yayan Mulyana disapa Yayan mengatakan bahwa kegiatan vaksin pada unggas,untuk pencegahan flu burung rutin dilakukan dari dinas kesehatan setiap tahunnya.

“Setiap tahun desa kami rutin dikunjungi dinas kesehatan untuk memberikan vaksin pada unggas,sebagai pencegahan virus flu burung”, singkatnya.

Ditempat terpisah, Ganda (55), salah satu warga desa neglasari Rt 5 Rw 3, ia mengaku senang dengan dikunjungi oleh dinas kesehatan yang telah memvaksin unggasnya secara gratis, ia berharap ayam-ayamnya,tumbuh sehat dan tidak terserang penyakit,sampai unggasnya bisa dijual.

“ayam saya ada 23 ekor,semua disuntik sama pak mantri hewan,semoga ayam saya selalu sehat,saya berharap tiap tahun ayam saya divaksin, jadi biar sehat terus”, pungkasnya. (akr/tor/her/jat)