Cara Mentukan Ukuran Generator yang Dibutuhkan

2190
0
SHARE

BHARATANEWS.ID – Lakukan estimasi kebutuhan daya sebelum membeli generator atau genset. Lihat label pada setiap perangkat listrik di rumah yang ingin dipakai ketika listrik mati. Tambahkan jumlah watt untuk menentukan ukuran genset yang dibutuhkan.

Membuat Daftar Barang Elektronik
Anda harus berkeliling rumah untuk membuat daftar segala perangkat listrik yang ingin dipakai saat mati listrik. Cari label pada setiap perangkat, label tersebut berisi informasi jumlah watt, nomor model dan tahun pembuatan. Beberapa laberl berada di dalam perangkat, sebagian lagi berada di bagian belakang perangkat tersebut.

Sehingga Anda harus menarik perangkat listrik dari tembok rumah. Tulis semua barang elektronik tersebut dan jumlah watt yang digunakan. Pastikan untuk menyertakan benda-benda elektronik yang penting seperti lemari pendingin, pompa air dan lampu. Anda bisa bertahan selama beberapa jam atau bahkan seharian tanpa oven, sehingga sebaiknya mencatat microwave saja pada daftar dan pendingin ruangan. Beberapa perangkat listrik membutuhkan daya yang besar sehingga membutuhkan genset yang lebih besar.
Jumlahkan Daya yang Dibutuhkan
Jumlahkan watt yang dibutuhkan oleh masing-masing benda elektronik tersebut. Kemudian kalikan hasil penjumlahan tersebut dengan angka 1,5. Ini karena benda-benda elektronik tersebut membutuhkan daya tambahan untuk menyala. Nah, hasil penghitungan tersebut merupakan jumlah watt minimum yang dibutuhkan bagi genset Anda.
Berikut ini adalah beberapa contoh kebutuhan daya pada barang elektronik
• Microwave 600 watt sampai 1.200 watt
• Lemari pendingin 700 watt sampai 1.200 watt
• Mesin cuci 1.200 watt
• Televisi 300 watt
• Laptop 250 watt
• Pendingin ruangan 1.500 watt
Panel Saklar Transfer Manual Membuat Daya Portabel Lebih Nyaman

Bila Anda menggunakan genset portabel tanpa ingin ribet dengan memperpanjang kabel, maka Anda dapat mempekerjakan tukang listrik untuk menginstal sub panel saklar transfer manual pada panel rangkaian utama. Pasang stop kontak yang terdedikasi khusus untuk memberi daya pada sub panel. Sebaiknya tukang listrik yang memasang ini karena ini bukanlah proyek yang dapat dikerjakan sendiri.
Pengaturan ini akan memberi keuntungan bagi Anda untuk memberi daya seluruh rangkaian dalam rumah, bukan hanya perangkat elektronik individual.

Kekurangannya adalah Anda masih harus menyalakan dan menjaga genset bila menggunakan harga genset murah. Kecuali bila Anda membeli generator yang lebih besar (tersedia genset dengan ukuran lebih dari 15.000 watt), maka Anda masih memiliki keterbatasan perangkat apa saja yang dapat diberi daya.
Sebelum memanggil tukang listrik untuk menambahkan sub panel, pilih perangkat apa saja yang ingin dinyalakan selama mati listrik. Hal yang biasanya diutamakan adalah televisi, komputer dan lampu, terutama jika listrik mati selama beberapa hari. Sehingga Anda perlu hiburan tetap ada bagi semua orang. Selain itu, benda-benda elektronik tersebut tak membutuhkan watt yang besar.
Rangkaian yang ingin diberi daya akan berpindah dari panel rangkaian utama ke sub panel, sehingga seluruh perangkat tetap dapat menyala ketika listrik menyala dengan normal dan ketika mati listrik dan beralih ke genset. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat rangkaian dengan sub panel tersebut adalah sekitar Rp 2,7 juta.

Sementara biaya untuk membayar tukang listrik untuk memasang sub panel dan stop kontak tersebut adalah Rp 6,7 juta.
Selama mati listrik pasang kabel dari genset ke stop kontak. Kemudian alihkan saklar dari rangkaian utama ke sub panel. Maka seluruh rangkaian yang telah ditentukan akan dialiri listrik. Pastikan jarak genset setidaknya 10 kaki dari rumah.
Dalam mencari genset yang sesuai kebutuhan, Anda bisa mencari di ralali.com b2b marketplace indonesia yang jual genset murah terpercaya dan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here