Home Berita Utama Intimidasi Jurnalis Bisa Terkena Pidana

Intimidasi Jurnalis Bisa Terkena Pidana

23
0
SHARE

Upaya menghalangi dan mengintimidasi seorang jurnalis, menurut Dewan Pers bisa dikenakan sanksi pidana. Karena membuat seorang jurnalis tidak bisa menjalankan tugasnya dengan profesional.

Ketua Dewan Pers Bidang Pengaduan dan Etika Imam Wahyudi mengatakan, aturan terkait dengan upaya penghalangan kerja jurnalis tertuang dalam Undang-undang 40 Tahun 1999 tentang Pers.

“Dia (pelaku) memang bisa diancam pidana maksimal 2 tahun atau denda maksimal 500 juta rupiah,” ujarnya.

Menurut Imam, intimidasi terhadap jurnalis ketika bekerja semestinya tidak boleh terjadi.

“Mengapa ini terjadi, karena faktanya yang menjadi korban hanya reporter dari media tertentu, tidak semua stasiun. Berarti ada sesuatu yang harus kita introspeksi sehingga kedepan kita akan jauh lebih baik,” ujarnya.

Imam menilai, masyarakat Indonesia umumnya belum teredukasi dengan baik bagaimana posisi seorang jurnalis bekerja. Padahal, kebebasan jurnalistik sesungguhnya ditujukan untuk menjamin kemaslahatan publik itu sendiri.

“Publik juga berkewajiban untuk menjaga sehingga mereka bebas melakukan tugasnya. Jurnalis dalam melakukan tugasnya itu dilindungi undang-undang. Maka bukan hanya polisi dan tentara yang berkewajiban melindungi, tetapi juga masyarakat yang ada di sekitarnya,” papar Imam.(mtr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here