Home Nasional Tol Solo-Ngawi Ditargetkan Berfungsi Pada Mudik Lebaran 2017

Tol Solo-Ngawi Ditargetkan Berfungsi Pada Mudik Lebaran 2017

8
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, ruas tol Solo-Ngawi sepanjang 70.30 km ditargetkan sudah bisa difungsikan pada Lebaran 2017 ini. Sedangkan untuk pengoperasian secara penuh direncanakan sudah bisa dilakukan sekitar awal 2017.

“Untuk menghindari kemacetan parah di sekitar kota Solo menjelang Lebaran 2017 maka jalan ini akan kami fungsikan sementara. Makanya akan kami cek terus kesiapannya sampai menjelang Lebaran nanti,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kemarin.

Menurut Basuki, penyelesaian tol ini memang sempat tersendat akibat belum selesainya pembebasan lahan di sejumlah titik seperti lahan milik Kementerian Pertanian. Karena itu Menteri PUPR sempat menghubungi Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk meminta izin agar proses pembebasan lahan dilaksanakan secara paralel dengan pekerjaaj konstruksi.

Jalan tol Solo-Ngawi yang dikerjakan oleh PT. Solo Ngawi Jaya (SNJ) merupakan bagian dari ruas tol Solo-Ngawi-Kertosono sepanjang 90,25 km.  Ruas ini sangat  strategis sebagai bagian dari Tol Trans Jawa yang ditargetkan tersambung pada 2018. Untuk mendukung target penyelesaian tersebut pihak Kemen PUPR saat ini memberikan perhatian serius baik dalam hal pembebasan lahan maupun pekerjaan konstruksi.

Sementara itu Direktur Utama PT SNJ David Wijayatno mengatakan, jalan tol yang akan dikelolanya dikerjakan dalam 2 paket yakni paket 1 Karanganyar-mantingan sepanjang 35,15 km. Ruas ini progres pembebasan lahannya sudah 91,7 persen dan progres konstruksinya 73 persen.

Sedangkan untuk paket 2 merupakan ruas Mantingan –Ngawi sepanjang 35,15 km. Untuk ruas ini progres pembebasan lahannya telah mencapai 92,4 persen dan progres pekerjaan konstruksi mencapai 48,8 persen. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here