Satpam dan Pedagang Pasar Jadi Pawang Api

66
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Guna  memberikan kewaspadaan dan cara pencegahan penanganan bencana kebakaran terutama di pasar, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Utara mengadakan pelatihan penanggulangan kebakaran kepada para petugas keamanan pasar-pasar wilayah 2 Jakarta Utara dan para pedagang.

Diharapkan dengan cara ini kedepan apabila terjadi musibah akan dapat dengan cepat dapat ditangani. Selain itu dengan ada pemahaan jika ada kebakaran mereka tidak akan penik.

Menejer Area Jakarta Utara Mahfudi mengatakan latihan pemadaman ini dilakukan karena akhir-akhir ini musibah kebakaran terutama di pasar sangat tinggi. Makanya salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan pemahaman tatacara bagai mana para petugas sebagai pawang api.

“Kam berharap dengan cara seperti kedepan jika ada musibah tersebut, para petugas keamanan ini mampu dan bisa menyelamatkan korban. Selain itu para petugas ini apabila ada kebakaran bisa mengatasinya sebelum api membesar,” kata Mahfudin, didampingi Kepala Pasar Koja Batu, Eko Purwanto, Jumat (24/3).

Menurutnya dengan cara ini dirinya yakin apabila ada musibah kebakaran para petugas ini akan lebih cepat menangani sebelum membesar. Makanya para petugas ini perlu ada pemahaman tata cara sebagai pawang api.

Sementara itu Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Utara, Satriadi Gunawan menambahkan kehandalan dalam memadamkan api ini ditentukan beberapa hal yaitu proteksi kebakaran yang siap pakai, SDM dan  fire safety management (siapa berbuat apa).

Maka dari itu dirinya sangat berharap setelah para petugas keamanakan yang sudah mendapat pelatihan ini nanti apabila sewaktu-waktu ada musibah mereka akan lebih cepat tanggap.

“Setelah mengikuti pelatihan ini seluruh petugas keamanan pasar dapat melakukan tindakan cepat dan tepat jika terjadi bencana kebakaran sehingga pasien dan pengunjung tetap aman dan nyaman,” harapnya.

Dalam pelatihan tersebut, peserta dibekali dengan materi yang disampaikan narasumber yang membahas teori pencegahan umum kebakaran. Setelah dibekali dengan teori kemudian dilanjutkan dengan praktek penanggulangan kebakaran dengan memanfaatkan proteksi terpasang pada gedung (alarm, apar, dan hidrant).

Sementara itu Suyitno,  salah seorang petugas keamanan mengaku sangat senang dengan adanya pelatihan ini.  Selain penuh dengan tantangan para peserta juga di latih uji nyali. “Awalnya saya takut memadamkan api dari tabung gas itu. Tapi saya Bismillah saat api itu saya tutup dengan tangan,”kata Satpam Pasar Koja Baru, tersebut. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here